Kemenkeu Gelontorkan Rp6 Triliun untuk THR PNS di 2016

Raisa Adila, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 19 20 1199060 kemenkeu-gelontorkan-rp6-triliun-untuk-thr-pns-di-2016-IsW6NsYctz.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menggelontorkan dana sekira Rp6 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2016 mendatang. Angka tersebut hampir sama besarannya dengan anggaran gaji pokok (gapok) untuk PNS.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, dana sebesar Rp6 triliun tersebut dianggarkan untuk THR PNS di Pemerintah Pusat. Namun, untuk PNS di Pemerintah Daerah berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Yang di pusatnya mungkin Rp6 triliun ya. Budgetnya hampir sama dengan gaji pokok. Kalau PNS daerah itu dari APBD masing-masing. Tergantung dari jumlah PNS daerah masing-masing," kata Askolani saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Sebelumnya, pemerintah memang telah menghapuskan anggaran kenaikan gaji PNS pada RAPBN 2016. Namun, penghapusan tersebut dikompensasikan dengan anggaran THR yang sebelumnya tidak pernah ada.

Meski demikian, Askolani menyatakan masih perlu melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan baru tersebut. Sehingga belumbdapat dipastikan keberlanjutannya pada 2017 mendatang.

"Kita evaluasi dari pelaksanaan 2016. Intinya kita bisa lihat efektivitasnya. Kalau baik, ke depannya bagus, mungkin bisa dilanjutkan di tahun 2017. Bentuknya evaluasi saja," jelas dia.

Untuk anggaran THR di pemerintah daerah, dia juga mengaku masih belum mengetahui besaran anggarannya. Sebab, jumlah PNS tersebut masih belum didata lebih lanjut.

"Belum tahu. Tergantung jumlah PNS nya. Ini harus nanggung PNS pusat dan TNI Polisi. Itu yang budgetnya hampir sama dengan gaji pokok," tandas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini