Share

Rupiah Jeblok Rp14 Ribu, Begini Komentar Bos BCA

Dani Jumadil Akhir, Okezone · Senin 24 Agustus 2015 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 24 20 1201786 rupiah-jeblok-rp14-ribu-begini-komentar-bos-bca-ZUHaVEQClc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sengaja mengumpulkan para pengusaha di berbagai macam sektor, mulai energi, investasi hingga perbankan. Untuk sektor perbankan sendiri, Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja menyebut kondisi likuiditas perbankan cukup baik di tengah gejolak perlambatan ekonomi.

Pasalnya, di tengah perlambatan pertumbuhan perekonomian Indonesia, mulai dikhawatirkan banyak pihak akan terjadi krisis ekonomi seperti 1998 dan 2008. Hal ini mengacu anjloknya nilai tukar Rupiah di level psikologis mencapai Rp14.000 per USD dan runtuhnya IHSG mencapai 5 persen. Namun, pihak Bank Indonesia (BI) sudah membantahnya.

"Secara umum mengenai ekonomi terkini. Ya diminta masukan, kita situasi amanlah, likuiditas cukup, uang banyak, jadi enggak perlu dikhawatirkan," kata Jahja di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/8/2015).

Dirinya meyakini, dengan banyaknya anggaran yang belum terserap, baik di tingkat pemerintah, swasta hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mampu menggerakkan roda perekonomian pada semester II-2015 jika realisasi penyerapan anggaran berjalan baik. Terlebih lagi, Jokowi sudah memberikan instruksi kepada seluruh gubernur agar segera mempercepat anggaran.

"Kita yakin sekali dana BUMN, pemerintahan dan daerah banyak, jadi bisa digunakan untuk investasi," tukasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini