nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beda IMF dan World Bank

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 03 September 2015 06:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 02 213 1207085 beda-imf-dan-world-bank-HLZ1OQyWYj.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pada waktu yang sama ketika IMF diciptakan, Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (International Bank for Reconstruction and Development/IBRD), lebih umum dikenal sebagai Bank Dunia atau World Bank , didirikan untuk mempromosikan pembangunan ekonomi jangka panjang, termasuk melalui pembiayaan proyek infrastruktur, seperti pembangunan jalan dan meningkatkan suplai air.

IMF dan Kelompok Bank Dunia, yang termasuk Korporasi Pembiayaan Internasional (International Finance Corporation/IFC) dan Asosiasi Pembangunan Internasional (International Development Association/IDA) saling melengkapi pekerjaan masing-masing.

Sementara perhatian IMF terutama pada kinerja ekonomi makro, dan pada kebijakan makro ekonomi dan sekor keuangan, Bank Dunia terutama menangani pembangunan jangka panjang dan isu-isu pengurangan kemiskinan.

Kegiatannya termasuk memberikan pinjaman kepada negara-negara berkembang dan negara-negara yang berada dalam transisi, pembiayaan proyek infrastruktur, reformasi sektor ekonomi khusus, dan reformasi struktural yang lebih luas. Demikian dilansir dari laman IMF, Kamis (2/9/2015)

IMF sebaliknya, tidak menyediakan pembiayaan untuk sektor atau proyek khusus tetapi sebagai dukungan umum terhadap neraca pembayaran maupun cadangan devisa suatu negara sementara negara tersebut sedang mengambil langkah kebijakan untuk mengatasi kesulitannya.

Ketika IMF dan Bank Dunia didirikan, suatu organisasi untuk mempromosikan liberalisasi perdagangan dunia juga dipikirkan, tetapi baru tahun 1995 Organisasai Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) dibentuk.

Diselang tahun-tahun tersebut, isu-isu perdagangan diselesaikan melalui Perjanjian Umum Tarif dan Perdagangan (General Agreement on Tariffs and Trade/GATT).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini