nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Edukasi Keamanan Gas Kota, Pertagas Gandeng Perusahaan Korsel

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 06 September 2015 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 06 19 1209120 edukasi-keamanan-gas-kota-pertagas-gandeng-perusahaan-korsel-Y2wTZ9rNqC.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melakukan edukasi mengenai faktor keamanan (safety) penggunaan gas kota. Dalam mengedukasi masyarakat, Pertagas bekerjasama dengan Korea Gas Safety (KGS) dan SK E&S.
 

Dipilihnya Korea Selatan sebagai mitra untuk berbagi ilmu mengenai keamanan penggunaan city gas ini lantaran negara tersebut telah mengembangkan gas kota sejak tahun 1980 dan memiliki pengalaman dalam bidang keamanan gas kota, baik dalam kebijakan maupun teknologi.

Kerjasama bidang safety gas kota ini ditandai dengan ditandatanganinya MOU antara KGS, SK E&S dan PT Pertagas Niaga, perusahaan afiliasi Pertamina yang bergerak dalam pengelolaan gas kota.

President Director PT Pertagas Niaga Jugi Prajogio mengatakan, salah satu bentuk pelaksanaan MOU ini adalah akan digelarnya workshop tentang keamanan gas kota yang akan diikuti oleh peserta dari Indonesia di Korea pada Oktober tahun ini.

“Dengan adanya transfer ilmu ini, selain berguna untuk meminimalisasi persoalan isu keamanan dalam pengembangan gas kota di Indonesia, yang terpenting meyakinkan kepada masyarakat bahwa gas kota itu aman”, ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2015).

Jugi menyadari, meski program jaringan gas kota di Indonesia makin berkembang, tetapi masih ada persoalan yang dihadapi di antaranya adalah gas losses (penyusutan jumlah gas), kekhawatiran masyarakat dalam hal keamanan serta masih terbatasnya pengetahuan baik bagi pemerintah daerah, operator pengelola gas serta masyarakat.

“Untuk itulah kami menggandeng pihak-pihak yang sudah berpengalaman di bidang gas kota ini,” imbuhnya.

Menurut Jugi, penandatanganan ini menjadi bukti keseriusan pihaknya dalam menjalankan Keputusan Menteri ESDM, di mana PT Pertamina ditugaskan untuk membangun dan mengelola jaringan gas kota melalui dana APBN Tahun Anggaran 2015 di Lhoksukon dan Pekanbaru serta mengelola jargas Lhokseumawe, Sidoarjo, Kab. Bekasi, Ogan Ilir, Bontang, Subang dan Bulungan.

“Rencananya tiga kota di antaranya akan gas in pada kuarter IV tahun ini,” ujar Jugi.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini