Biaya Pendidikan Kian Mahal, Tak Hentikan Ambisi Orangtua Sekolahkan Anaknya

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Selasa 08 September 2015 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 08 320 1210475 biaya-pendidikan-kian-mahal-tak-hentikan-ambisi-orangtua-sekolahkan-anaknya-rsZixcu8uC.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Sebanyak 47 persen orangtua mengakui pendidikan saat ini kian mahal, sehingga tidak lagi terjangkau bagi sebagian besar orang. Namun, 96 persen responden berkeinginan dapat memberikan pendidikan setinggi mungkin bagi anak-anaknya.

Senior Vice President and Head of Wealth Management HSBC Indonesia, Steven Suryana mengatakan, standar pendidikan minimum adalah strata satu (S-1). Bahkan, 67 persen menginginkan anak-anaknya untuk dapat melanjutkan ke jenjang S-2 atau strata yang lebih tinggi lagi.

"Sebanyak 87 persen akan mempertimbangkan untuk mengirimkan anaknya menempuh pendidikan di luar negeri dan 71 persen memilih menambah pendidikan di luar bangku sekolah untuk meningkatkan kompetensi anak," ujar Steven, di Jakarta, Selasa (8/9/2015).

"Melalui pendidikan tinggi, 95 persen orangtua berharap anak-anaknya berhasil untuk mandiri, 91 persen bertujuan agar anak-anaknya semakin percaya diri dalam berkompetisi, dan 56 persen ingin anaknya bahagia," ucapnya.

Selain itu, dia mengatakan sebanyak 38 persen menginginkan anaknya mampu tampil beda di dalam lingkungannya, 30 persen berharap pendidikan mampu menjadikan anaknya dapat menikmati hidup, dan 29 persen orangtua menyiapkan pendidikan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sang anak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini