Kemenkeu Maklum Dana Desa Tak Terserap 100%

Raisa Adila, Jurnalis · Minggu 13 September 2015 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 13 20 1213393 kemenkeu-maklum-dana-desa-tak-terserap-100-K4RAYgVCB5.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memaklumi jika dana desa yang disiapkan Pemerintah Pusat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 tidak terserap 100 persen pada tahun ini. Pasalnya, ini merupakan tahun pertama adanya anggaran desa tersebut.

Direktur Penyusunan APBN Ditjen Anggaran Kemenkeu, Kunto Wibawa menyatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi kepada Kabupaten atau Kota terhadap penyerapan dana desa.

"Kita evaluasi. Enggak langsung dipunishment. Kalau baru pertama biasanya memang enggak 100 persen penyerapannya," kata Kunto saat ditemui di Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Minggu (13/9/2015).

Meski memaklumi penyerapan yang kurang maksimal, Kunto mengaku terus mendorong penyerapan dana desa hingga 100 persen pada tahun ini. Sebab, proyek infrastruktur desa dinilai tidak serumit proyek Pemerintah Pusat.

"Pasti mereka cukup tahu kebutuhannya. Bikin gorong-gorong, bikin jalan desa. Kemungkinan untuk terhambat harusnya enggak ada," kata dia.

Padahal, sebelumnya, dana desa yang mengendap di bank masih berkisar Rp261 triliun. Namun, Kunto mengatakan, adanya perombakan kebijakan (deregulasi) terkait aturan pencairan dana dewsa diharapkan dapat memperlancar penyerapan anggaran tersebut.

"Ini masalah kekhawatiran segala macam dari desa mau ngapain. Tapi kan kita sudah ada deregulasi dengan Surat Kebijakan Bersama (SKB) tiga Menteri diharapkan mereka jauh lebih siap dan apa yang mau dikerjakan," tutupnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini