Jokowi Ajak Pengusaha Arab Investasi Proyek Infrastruktur

Widi Agustian, Jurnalis · Minggu 13 September 2015 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 13 320 1213295 jokowi-ajak-pengusaha-arab-investasi-proyek-infrastruktur-nkiFVmCdhd.jpg Presiden Jokowi dalam Forum Bisnis di Arab Saudi. (Foto: Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pengusaha Arab Saudi untuk berinvestasi di Indonesia. Khususnya untuk proyek infrastruktur yang memang tengah menjadi fokus pemerintah.

“Kami telah bersepakat untuk meningkatkan lebih banyak lagi kerjasama dibidang ekonomi, investasi dan bidang perdagangan,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Forum Bisnis yang diselenggarakan di Hotel Crown Plaza, Jeddah, Arab Saudi.

Menurut Presiden Jokowi, kesepakatan tersebut akan ditindaklanjuti dengan pertemuan menteri-menteri dari Kerajaan Arab Saudi maupun menteri menteri dari Indonesia. Artinya, lanjut Presiden Jokowi, Saudi Arabia dan Indonesia betul -betul sangat serius untuk meningkatkan kerjasama di bidang investasi, kerjasama di bidang ekonomi.

“Komunikasi akan terus dilakukan untuk bisa mengimplementasikan dari semua yang telah disepakati,” tegas Jokowi.

Sebagai negara muslim terbesar didunia berpenduduk 252 juta dengan 17.000 pulau lebih, kata Presiden, Indonesia adalah sebuah potensi untuk investasi dan negara negara Teluk.

Presiden mengaku, negara Teluk yang pertama kali dikunjunginya adalah Arab Saudi, karena ia meyakini, Arab Saudi dan Indonesia adalah saudara yang amat dekat. “Sebagai sesama muslim dan kami menyakini bahwa hubungan ekonomi ini betul-betul akan meningkat dalam waktu yang sangat dekat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan konsentrasi pemerintah Indonesia saat ini untuk membangun infrastruktur baik berupa pelabuhan laut sebanyak 24, airport baru sebanyak 15, jalan tol sepanjang 1000 km, jalan jalan antar provinsi 2650 km, pembanguan dam ada 49, dan pembangunan pembangkit listrik ada 35000 MW. Juga pengembangan transportasi masal di 3 kota besar.

Tentu saja, kata Presiden Jokowi, anggaran belanja negara Indonesia tidak mencukupi untuk membangun itu semua. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mengundang investor terutama saudara dekat Indonesia yaitu Saudi Arabia.

“Kami menyakini Insha Allah kalau komunikasi ini terus dilakukan setiap dua minggu, setiap dua bulan, bertemu dalam forum investasi dan forum-forum ekonomi, kami menyakini hubungan ini akan semakin baik dan semakin meningkat,” kata Presiden Jokowi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini