Image

Indonesia Sulit Hindari Serbuan Produk China

Danang Sugianto, Jurnalis · Sabtu 19 September 2015, 17:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 19 320 1217349 indonesia-sulit-hindari-serbuan-produk-china-l8iipPyLM3.jpg Ilustrasi mainan asal China. (Foto: OKezone)
JAKARTA - Produk-produk asal China saat ini sedang membanjiri pasar Indonesia. Hal tersebut tentu membebani produsen dalam negeri, karena produk China datang dengan harga yang jauh lebih murah.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong serbuan produk China memang tidak bisa dihindari. Lembong mengatakan, industri di China memang sudah sangat maju. Ditambah lagi dukungan dari kemajuan teknologi dan bahan baku berlimpah, membuat kapasitas produksi di seluruh sisi industri di China meningkat.

"Terus terang mereka (China) sudah kelebihan kapasitas produksinya. Konsumsi masyarakatnya juga menurun, itu membuat produk China meluber keluar. Jadi bukan kita saja yang kebanjiran produk China," tuturnya dalam sebuah diskusi di Universitas Pasca Sarjana UGM, Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Namun, menurut informasi yang didapat Lembong, pemerintah China saat ini sedang melakukan upaya untuk mengurangi produksi industrinya dan mendorong konsumsi masyarakatnya. Pasalnya dengan banyaknya produk yang ada membuat deflasi di China.

"Jadi pemerintah mereka sedang mendorong masyarakatnya agar meningkatkan konsumsi produk dalam negerinya," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini