nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemda Diberikan Kewenangan Tetapkan Lokasi Jual Minuman Alkohol

Raisa Adila, Jurnalis · Jum'at 25 September 2015 10:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 25 320 1220598 pemda-diberikan-kewenangan-tetapkan-lokasi-jual-minuman-alkohol-HVbbAIHHey.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku tidak melakukan perubahan apapun terhadap aturan minuman beralkohol (minol). Pasalnya, hingga saat ini minimarket tetap tidak boleh menjual minol.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Sri Agustina mengatakan, sejauh ini aturan minol masih dapat berjalan dengan baik. Sehingga, pihaknya belum memerlukan perubahan regulasi terhadap minol.

"Tapi hanya ingin menegaskan bahwa deregulasi yang sudah ada, Pemda memiliki kewenangan untuk menetapkan suatu lokasi tempat tertentu di luar yang sudah kita atur," jelas Sri di kantornya, Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Sejauh ini, lanjut Sri, penjualan minol secara eceran di minimarket tetap dilarang. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74, penjualan minol secara eceran hanya boleh dilakukan di hypermarket maupun supermarket.

"Yang boleh di hotel, resto dan bar. Untuk semua jenis minol. Tapi hanya bisa diminum di tempat dan untuk anak 21 tahun pakai KTP," kata dia.

"Kalau eceran hanya di hypermarket, dan supermarket. Karena minimarket sudah tidak bisa. Di luar kedua tadi boleh sesuai Pemerintah Daerah yang menetapkan. Itu sudah ada regulasinya. Kita enggak buat aturan baru. Hanya ditegaskan kalau Pemda miliki kewenangan itu saja," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini