Share

Pelemahan Rupiah Diduga Permainan Mafia

Feby Novalius, Okezone · Selasa 29 September 2015 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 29 20 1222885 pelemahan-rupiah-diduga-permainan-mafia-5PVCcPQKBA.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
JAKARTA โ€“ Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mencurigai adanya mafia yang mempermainkan nilai tukar Rupiah. Pasalnya, Rupiah terus melemah jauh di bawah nilai fundamentalnya.

"Saya melihat depresiasi nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS, ada orang yang main-main sebetulnya," ujar Ketua Komite IV DPD, Ajriet Pandingdang, usai melakukan rapat kerja bersama OJK, di Gedung DPP, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Menurut dia, kecurigaan ini telah disampaikan ke Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kendati demikian, BI dan OJK tidak dapat memberi penjelasan terkait kecurigaannya secara rinci karena dilindungi oleh undang-undang.

โ€ช"Kita tanya BI dan OJK. OJK tidak menjawab secara tegas, tapi secara implisit dia mengakui memang ada yang bermain di balik itu. Dengan BI pun seperti itu, tidak mau mengungkapkan secara formal, karena memang itu dilindungi oleh UU juga ya. Tetapi, menurut saya, mereka tahu," ujarnya.

Oleh karena itu, dia mempertanyakan peran pemerintah dalam permasalahan Rupiah ini. Menurutnya, pemerintah bisa jadi tidak tahu atau belum mampu mengambil tindakan. "Ini yang harusnya diperkuat," tegasnya.

Rupiah Tembus Rp14 Ribu

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini