nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Sudirman Said, SKK Migas Temui Rizal Ramli Bahas Blok Masela

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2015 13:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 08 19 1228351 tanpa-sudirman-said-skk-migas-temui-rizal-ramli-bahas-blok-masela-EyLGKhh1Yo.jpg Menteri ESDM Sudirman Said (Foto: Okezone)
JAKARTA - Desain pembangunan kilang Blok Masela di Maluku masih diperdebatkan. Terkait Blok Masela, pemerintah memiliki dua opsi, dengan cara onshore (pipanisasi) atau dengan offshore (terapung di laut).

Dua opsi ini masih dalam tahap pembahasan yang alot. Pasalnya, Menko Martirim dan Menteri ESDM memiliki pendapat yang bertentangan. Jika Rizal Ramli lebih memilih pipanisasi, Sudirman Said dan SKK Migas cenderung memilih dengan pengolahan offshore.

Terkait pengembangan Blok Masela, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengaku telah bertemu dengan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas ( SKK Migas) Amien Sunaryadi.

"Kemarin itu kepala SKK Migas datang ke kantor. Kami bertukar pikiran untuk cari solusi yang optimum," ungkapnya di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, memutuskan hal tersebut bukan hal yang mudah. Harus menggunakan pendekatan ekonomi, kata Rizal, supaya manfaatnya juga sebesar-besarnya dirasakan rakyat terutama penduduk Maluku.

"Jadi kalau hanya dibandingkan cost-cost itu kerjaan accounting, ini perlu wawasan yang lebih luas daripada sekitar itu saja," jelas dia.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyebutkan, pertemuan dengan SKK Migas ini tanpa dihadiri Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Meskipun SKK Migas memiliki pendapat berbeda dengan Rizal, pihaknya mengaku pertemuan berlangsung dengan baik. "Pertemuan kami dengan Pak Amien baik dan konstruktif," imbuhnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini