nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliki Sinarmas, Keluarga Widjaja Kantongi Rp80,6 Triliun

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2015 19:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 08 320 1228627 punya-sinarmas-keluarga-widjaja-kantongi-rp80-6-triliun-r9F4gK0BSV.jpg Eka Tjipta Widjaja. (Foto: Forbes)

JAKARTA - Selain Keluarga Hartono pemilik Grup Djarum yang merupakan terkaya di Indonesia, Keluarga Widjaja menjadi keluarga terkaya kedua di negara ini.

Aset keluarga pemilik Sinarmas Group ini mengantongi kekayaan sebesar USD5,8 miliar atau Rp80,6 triliun (kurs Rp13.895 per USD). Dalam daftar keluarga terkaya Asia, keluarga ini menempati peringkat 28.

Kisah keluarga kaya ini bermula ketika pendirinya, Eka Tjipta Widjaja migrasi dari China ke Indonesia saat berusia belia. Dia mulai menjual biskuit pada usia 17 tahun, dan dia kemudian mendirikan Sinar Mas pada 1962. Demikian dilansir dari Forbes, Kamis (8/10/2015).

Sinarmas kini telah menjadi salah satu konglomerasi terbesar di Indonesia, dengan fokus di pulp dan paper, agrikultur dan makanan, real estat, jasa keuangan, energi dan infrastruktur serta telekomunikasi.

Keluarga ini memiliki perusahaan holding yang paling valueable, yakni Golden Agri Resources. Perusahaan kelapa sawit ini dijalankan oleh putra Eka, yakni Franky Widjaja.

Putra kedua Eka, Oei Hong Leong mendirikan perusahaan investasi di Singapura. Paling tidak, ada empat orang dari tiga generasi Keluarga Widjaja yang terlibat dalam bisnis keluarga ini.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini