nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Clan Lee, Keluarga Terkaya di Asia Berkat Samsung

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2015 05:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 08 320 1228764 clan-lee-keluarga-terkaya-di-asia-berkat-samsung-WrHV4SEnuW.jpg Jay Y Lee. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Keluarga Lee adalah kekuatan di belakang Samsung Group, Korea Selatan, yang sahamnya baru saja melonjak 9 persen. Penyebabnya adalah perkiraan keuntungan operasional kuartal ketiga 80 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Berita tersebut, membantu meningkatkan kekayaan keluarga lebih dari USD28 miliar. Akibatnya, keluarga Lee menduduki posisi puncak dalam peringkat keluarga paling kaya di Asia versi Forbes.

Samsung Electronics, perusahaan teknologi paling berharga kedua di dunia setelah Apple, memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD200 miliar dan lebih dari 200.000 karyawan. Samsung Group, tidak hanya berkutat pada bidang elektronik namun juga makanan, hiburan, ritel, perhotelan untuk pembuatan kertas. Secara keseluruhan, keluarga Lee adalah konglomerat terbesar Korea Selatan dengan pendapatan mencapai USD305 miliar pada 2014.

Samsung Group lahir di 1938, ketika Lee Byung-Chull, anak seorang tuan tanah yang kaya, mendirikan sebuah perusahaan perdagangan kecil di Daegu yang menjual ikan dan sayuran ke China. Perusahaan tersebut pun bertransformasi ke bisnis makanan, manufaktur dan sektor tekstil.

Namun, keadaan Samsung tidak bertahan lama, lantaran pendirinya, Byung-Chull, meninggal pada 1987 dan selang beberapa tahun kemudian kerajaan Samsung pun mengalami spin off menjadi empat entitas, yakni Samsung Group, CJ Group, Shinsegae Group dan Hansol Group. Sejak saat itu, empat perusahaan tersebut terlibat dalam perseteruan pahit yang mengklaim menjadi pewaris.

Selama beberapa tahun tersebut, garis pewaris kerajaan bisnis memang dipegang oleh klan Lee, yang dipimpin oleh Lee Kun-Hee, salah satu putra Byung-Chull. Namun, dia menderita serangan jantung dan wafat pada Mei 2014.

Anak Kun-Hee, Jay Y Lee, pun ditunjuk sebagai pengelola grup sejak saat itu. Jay sendiri telah memulai kariernya di Samsung Electronics pada 1991, dan menjadi Wakil Ketua pada 2013.

Adik Jay, memegang posisi Presiden di perusahaan afiliasi Samsung, Cheil Industries. Lee Seo-Hyun mengepalai divisi fashion perusahaan, sementara Lee Boo-Jin mengawasi resor, taman dan kegiatan konstruksi. Istri Kun-Hee, Hong Ra-Hee, adalah direktur Leeum Samsung Museum dan dikenal menjadi pembeli kolektor karya seni.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini