nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 10 Keluarga Paling Kaya di Asia

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2015 05:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 08 320 1228773 daftar-10-keluarga-paling-kaya-di-asia-Jsd2fEPXCT.jpg Ilustrasi kekayaan. (Foto: Reuters)
JAKARTA – Keluarga merupakan inti dari banyak konglomerat terbesar dan beberapa merek paling terkenal. Mungkin tidak ada keluarga yang lebih baik menggambarkan hal ini daripada Lees dari Samsung Group, yang pada 2014 pendapatannya setara dengan 22 persen dari PDB Korea Selatan.

Forbes, untuk pertama kalinya menyusun daftar 50 Keluarga Terkaya di Asia. Untuk masuk ke dalam list ini, kekayaan keluarga dan partisipasi dalam membangun keberuntungan harus dilakukan paling tidak selama tiga generasi.

Selain itu, kekayaan bersih keluarga ini harus senilai USD2,9 miliar. Valuasi didasarkan pada harga saham dan nilai tukar pada 25 September. Banyak bisnis keluarga diperdagangkan secara publik, meskipun keluarga mungkin mempertahankan kontrol, mereka masih bertanggung jawab kepada pemegang saham luar.

Berikut adalah 10 keluarga paling kaya se-Asia, seperti dikutip dari Forbes.

1. Keluarga Lee (Byung-Chul)

Keluarga pengusaha asal Korea Selatan ini mempunyai kekayaan bersih mencapai USD26,6 miliar atau setara Rp369,580 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD). Adapun kekayaan bersih bersumber dari perusahaan yang bergerak dalam bisnis elektroniknya.

Samsung kini dipimpin oleh satu-satunya anak pendiri Samung, Lee Kun-Hee bernama Jay Y Lee.

2. Keluarga Lee (Shau Kee)

Dengan kekayaan bersih mencapai USD24,1 miliar atau setara Rp334,845 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD) membuat keluarga Lee asal Hong Kong ini menempati posisi kedua dalam jajaran keluarga Asia terkaya versi Forbes.

Seperti diketahui, Henderson Development merupakan perusahaan properti yang terdaftar dalam bursa Hang Seng dan sebuah konstituen dari Hang Seng Index. Perusahaan mempunyai beberapa aktivitas antara lain pengembangan properti dan investasi, manajemen proyek, konstruksi, operasi hotel, operasi department store, keuangan, perusahaan investasi dan infrastruktur. Dan menjadikan pengembang real sestate terbesar ketiga di Hong Kong.

3. Keluarga Ambani

Posisi ketiga ditempati oleh keluarga asal India. Bersumber dari perusahaan konglomerat yang mempunyai produk telekomunikasi, jasa keuangan, konstruksi, hiburan, kekuatan, layanan kesehatan, penerbangan, dan pertahanan yang bernama Reliance Group.

Adapun kekayaan bersih keluarga ini mencapai USD21,5 miliar atau setara Rp298,721 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD). Saat ini, Reliance Group dipimpin oleh pria kelahiran Mumbai bernama Mukesh Dhirubhai Ambani.

4. Keluarga Chearavanont

Dengan kekayaan bersih mencapai USD19,9 miliar atau setara Rp276,490 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD), membuat keluarga Chearavanont menempati posisi ke-4 keluarga Asia terkaya.

Adapun kekayaan bersih keluarga asal Thailand yang bersumber dari Charoen Pokphand (CP) Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agrobisnis dan makanan, ritel dan distribusi, dan industri telekomunikasi dengan investasi yang sudah mencapai 20 negara.

5. Keluarga Kwok

Keluarga asal Hong Kong yang mempunyai perusahaan Sun Hung Kai & Co yang bergerak di bidang keuangan terstruktur dan konsumen keuangan ini membukukan kekayaan bersih USD19,5 miliar atau setara Rp270,933 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD).

Pada awalnya, perusahaan ini didirikan pada 1969 oleh tiga bersaudara yakni Fung King Hey, Kwok Tak Seng, dan Lee Shau Kee. Saat ini, perusahaan yang terdaftar di Hong Kong Stock Exchange dipimpin oleh Lee Seng Huang.

6. Keluarga Kwek / Quek

Berhasil membukukan kekayaan bersih USD18,9 miliar atau setara Rp262,596 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD) membuat keluarga asal negeri Jiran Malaysia ini menempati posisi ke-6.

Adapun perusahaan publik yang didirikan oleh keluarga Kwek / Quek ini mengontrol 14 perusahaan terdaftar termasuk jasa keuangan, perakitan, distribusi, properti dan pengembangan infrastruktur, pelayanan dan waktu luang, dan investasi pokok.

Saat ini, Hong Leong Group dipimpin oleh Kwek Leng Beng yang merupakan sepupu dari pendiri perusahaan Tan Sri Quek Leng Chan.

Perusahaan terdaftar di lima negara antara lain Malaysia Singapura Hong Kong Manila dan Eropa

7. Keluarga Premji

Perusahaan Wipro yang bergerak dalam bidang jasa IT, konsultasi bisnis dan teknologi, IT outsourcing dan jasa sistem integrasi dan solusi bernama Wipro membuat keluarga Premji asal India menempati posisi ini dengan kekayaan bersih mencapai USD17 miliar atau setara Rp236,198 triliun.

Perusahaan India ini didirikan pada 1945 oleh Hasham Premji. Awal mula perusahaan berdiri, sebagai penyedia sayur mayur dan kilang minyak di Mumbai. Oleh sebab itu, hingga saat ini logo perusahaan tidak berubah. Hal tersebut mencerminkan produk asli yang dijual dalam bisnis perusahaan.

8. Keluarga Tsai (Wan-Tsai)

Perusahaan Cathay Financial yang didirikan oleh keluarga Wan-Tsai ini berdiri sejak 2001. Adapun bidang yang digeluti perusahaan dalam melayani jasa keuangan industri dan pengembangan regulasi domestik mengenai merger dan akuisisi.

Forbes mencatat kekayaan bersih keluarga Tsai mencapai USD15,1 miliar atau setara Rp209,799 triliun dan menempatkan keluarga asal Taiwan ini menduduki posisi ke-delapan keluarga Asia terkaya versi Forbes.

9. Keluarga Hinduja

Perusahaan Hinduja Group didirikan sejak 1914 ini telah membuat keluarga Hinduja menempati posisi ke-9 keluarga Asia terkaya versi Forbes. Adapun kekayaan bersih keluarga mencapai USD15 miliar atau setara Rp208,410 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD).

Hinduja merupakan perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang diversifikasi ini menawarkan beberapa sektor antara lain perbankan, keuangan, automotif, minyak dan gas, telekomunikasi dan media. Kini, perusahaan dipimpin oleh Srichand P Hinduja seorang berkebangsaan dua warga negara yakni India dan Inggris.

10. Keluarga Mistry

Keluarga asal India ini mencatat kekayaan bersih sekira USD14,9 miliar atau setara Rp207,020 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD). Kekayaan keluarga berasal dari perusahaan keluarga yang dimiliki bernama Shapoorji Pallonji Group.

Perusahaan yang berdiri sejak 1865 ini bergerak di bidang konstruksi, real sestate, tekstil, barang-barang teknik, peralatan rumah tangga, perkapalan, publikasi, kekuatan dan teknologi. Kini, dipimpin oleh Pallonji Shapoorji Mistry.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini