Susi Pudjiastuti: Pemeliharaan Rumput Laut, Gratis!

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2015 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 09 320 1229025 susi-pudjiastuti-pemeliharaan-rumput-laut-gratis-M59bDqakL0.jpg Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tengah gencar mengembangkan komoditas rumput laut di Indonesia. Pasalnya usaha budi daya rumput laut dinilai memberikan kontribusi nyata pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir khususnya di wilayah perbatasan dan pulau kecil.

Di sisi lain, ada alasan lain Menteri Susi memilih budi daya rumput laut sebagai prioritas. Susi bilang, biaya pemeliharaan rumput laut bisa dikatakan gratis. Dengan begitu, petani tidak harus mengeluarkan biaya banyak.

"Dalam prosesnya itu free of maintenance, kita tidak perlu kasih makan rumput laut yang kita tanam, kita jaga jadi dengan sendirinya tumbuh dengan baik dan subur, saya pikir ini adalah salah satu cara yang gampang dan tepat untuk memberikan penghasilan baru ke masyarakat pulau pesisir," tutur Susi di kantornya, Jumat (9/10/2015).

Terlebih lagi, komoditas rumput laut masih memiliki potensi pengembangan yang besar. Dengan potensi lahan 12,1 juta hektare (ha), saat ini lahan rumput yang dimanfaatkan baru 2,68 persen atau 352.825,12 ha.

Kendati demikian, Susi mengaku tidak melupakan potensi dari budi daya ikan. Namun dengan kelebihan free of maintenance akan lebih mudah dilakukan oleh petani pesisir.

"Budi daya ikan keramba juga kita dukung, jadi kita akan memprioritaskan di budi daya ini 2016 anggaran terbesar di rumput laut, anggaran budi daya ikan juga besar tapi enggak sebesar rumput laut, karena rumput laut itu free of maintenance," tukas Susi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini