nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Newmont Dihadang Pencari Kerja, Penambangan Lumpuh

Acep Suharlan, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2015 13:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 23 19 1236869 newmont-dihadang-pencari-kerja-penambangan-lumpuh-CSO20Ii1Qe.jpg Warga yang mencari kerja di Newmont. (Foto: Okezone/Acep)
SUMBAWA BARAT - Tambang PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) di Batu Hijau Desa Tongo, kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat, diblokir pencari kerja. Aksi yang sudah berlangsung selama lima hari ini melumpuhkan aktivitas penambangan.

Para pencari kerja melakukan aksi penghadangan di tengah jalan, menuju lokasi penambangan, dengan membawa anak istri dan keluarga mereka.

Pencari kerja ini juga membangun tenda di tengah jalan, sebagai tempat menginap karena rencanaannya mereka tidak akan berhenti melakukan aksi sebelum tuntutan mereka terpenuhi.

Mereka menuntut untuk dipekerjakan di perusahaan tambang emas dan tembaga ini. Pasalnya, sejak 2013 mereka sudah dijanjikan oleh perusahaan untuk dipekerjakan.

“Sebanyak 58 warga lingkar tambang sudah ditraining Sejak 2013, tapi sampai sekarang belum dipekerjakan,” ujar Herman Yadi, salah seorang pencari kerja di NTT, Jumat (23/10/2015).

Walau dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, aksi ini terus berjalan tanpa ada upaya pembubaran. Sementara pihak PT Newmont belum bisa dikonfirmasi terkait aksi pemblokiran ini dan jumlah kerugian yang dialami selama lima hari, karena seluruh aktivitas penambangan terhenti total.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini