nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gandeng Waskita, PLN Bangun Transmisi 500 Kv di Sumatera

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2015 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 24 19 1237404 gandeng-waskita-pln-bangun-transmisi-500-kv-di-sumatera-UXpvR1GknY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT PLN (Persero) siap membangun jaringan transmisi 500 kiloVolt (kV) sepanjang 395 kilometer (km) di Pulau Sumatera. Hal ini dipastikan setelah PLN menandatangani kontrak perjanjian proyek dengan PT Waskita Karya (Persero) sebagai kontraktor pembangunan transmisi.

Kontrak perjanjian proyek ditandatangani oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin bersama Direktur Waskita Karya Desi Arryani di PLN Kantor Pusat.

Penandatanganan ini juga merupakan salah satu wujud nyata sinergi antar BUMN dalam membangun proyek Infrastruktur.

Amir Rosidin mengatakan, pembangunan transmisi listrik 500 kV Sumatera merupakan proyek fundamental karena merupakan proyek pertama transmisi 500 kV di pulau Sumatera.

“Saya Ibaratkan transmisi 500 kV ini seperti jalan tol. Dan ini tol yang sangat besar. Kontrak paket I dan II ini merupakan 30 persen dari jalan tol listrik yang akan dibangun. Mulai dari Muara Enim yang nanti akan berakhir di Langsa, totalnya sekitar 1.400 km”, jelas Amir dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (24/10/2015).

Pengerjaan pembangunan transmisi listrik 395 km di Sumatera oleh Waskita Karya terdiri dari 2 paket paket. Paket I pembangunan transmisi 500 kV dengan tower 4 sirkit dari New Aur Duri (Jambi) ke Peranap (Riau) dengan panjang transmisi 235 km dan masa pembangunan selama tiga tahun. Nilai kontak paket I sebesar Rp3,88 triliun.

Paket II pembangunan transmisi 500 kV dengan tower 4 sirkit dari Peranap (Riau) ke Perawang (Riau) sepanjang 160 kilometer dengan masa pembangungan selama tiga tahun. Nilai kontrak paket II sebesar Rp2,83 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq menyatakan kesiapan Waskita Karya dalam pelaksanaan pembangunan transmisi di Sumatera.

“Kami yakin bisa bekerja seoptimal mungkin. Insya Allah tepat tiga tahun. Kalau bisa, sebelumnya (tiga tahun) kami bisa menuntaskan," paparnya.

Transmisi 500 kV Sumatera yang dibangun ini merupakan “Back Bone” atau penyangga utama penyaluran listrik dari pembangkit-pembangkit listrik yang berada di wilayah Sumatera bagian selatan ke Sumatera bagian utara. Juga diharapkan mampu menciptakan stabilitas penyaluran listrik di sistem jaringan listrik seluruh Sumatera.

Untuk jangka panjang, transmisi 500 kV Sumatera juga disiapkan sebagai lanjutan dari interkoneksi kelistrikan Jawa – Sumatera yang dihubungkan dengan kabel listrik bawah laut 500 kV yang saat ini masih dalam proses pengadaan. Lebih lanjut lagi, transmisi 500 kV Sumatera pun disiapkan sebagai bagian dari rencana transfer energi listrik dari dan ke Malaysia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini