nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Tanah Kelahiran SBY, Masih Ada yang Belum Terlistriki

Hendra Kusuma, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2015 11:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 25 19 1237731 di-tanah-kelahiran-sby-masih-ada-yang-belum-terlistriki-k7fUPY5i7P.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT PLN (Persero) menyebutkan, masih banyak beberapa daerah di Indonesia yang belum terlistriki. Contohnya, tanah kelahiran mantan presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih ada rumah yang belum terlistriki.

Plt Kepala Satuan Komunikasi Corporate PT PLN (Persero) Bambang Wiyanto mengatakan, sampai saat ini ratio elektrifikasi nasional baru mencapai 87 persen atau masih ada 13 persen penduduk Indonesia yang belum teraliri listrik.

"Wilayah yang belum terlistriki tersebar, ada di Timur Indonesia, Barat, Jawa Bagian Selatan juga ada, di tanah kelahiran Pak SBY ada rumah yang di belakang gunung belum terlistriki," kata Bambang saat acara Hari Listrik Nasional ke-70 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Bambang menyebutkan, 13 persen penduduk Indonesia yang belum terlistriki lebih karena wilayah geografisnya yang sulit terjangkau oleh infrastruktur kelistrikan.

"Seperti contoh di Sumba, dulunya ada konflik, makanya ada penduduk yang bikin rumah di belakang gunung, beranak pinak di situ, kalau di belakang gunungkan susah nariknya, di suruh pindah ke pinggir jalan tidak mau," tambahnya.

Sebagai perusahaan pelayan listrik bagi masyarakat Indonesia, Bambang mengungkapkan, PLN akan terus meningkatkan pelayanan pemberian listrik kepada masyarakat di Indonesia. Bahkan, PLN sendiri menargetkan setiap tahunnya kenaikan jumlah pelanggan sekitar 3 persen atau 3 juta sampai 4 juta pelanggan baru.

"Kan listrik bukan hanya kewajiban PLN, tapi stakeholder kelistrikan, seperti pemerintah," tutupnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini