nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Freeport Ingin Divestasi Saham Lewat IPO

Hendra Kusuma, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2015 16:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 25 19 1237837 freeport-ingin-divestasi-saham-lewat-ipo-OlcgjAuibn.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Freeport Indonesia menginginkan proses divestasi saham melalui skema Initial Public Offering (IPO).

Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama menuturkan, pelepasan saham atau divestasi saham Freeport Indonesia yang akan diambilalih pemerintah Indonesia juga sebagai upaya memenuhi syarat perpanjangan kontrak karya (KK) pertambangan Freeport di Indonesia.

Kontrak pertambangan Freeport Indonesia sendiri akan berakhir pada 2021. Di mana, pada 2019 Freeport harus melepaskan sahamnya kepada pemerintah Indonesia sebesar 30 persen, dan pada 2015 ditargetkan bisa melepaskan 10 persen, sedangkan sampai saat ini baru 9,36 persen.

"Begini, kalau kami dari perusahaan inginnya IPO," kata Riza di Restoran Nyonya Dua Cikini, Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Riza mengungkapkan, alasan Freeport Indonesia lebih menginginkan IPO dibandingkan langsung kepada pemerintah melalui pengambilalihan oleh BUMN atau BUMD, dikarekan skema IPO lebih transparan.

"Karena apa? Karena lebih taransparan dan terbuka. Kita sebagai perusahaan bisa lebih terbuka lah kepada pemegang saham siapa saja. Tapi itu menunggu daripada revisi PP," tandasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini