Share

Pengusaha Sawit: Kebakaran Hutan Ditunggangi Black Campaign

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2015 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 25 320 1237858 pengusaha-sawit-kebakaran-hutan-ditunggangi-black-campaign-dF2SUnDa5R.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mensinyalir adanya kampanye hitam (black campaign) guna menyerang industri kelapa sawit di Indonesia dalam kasus kebakaran hutan yang terjadi di beberapa daerah seperti Sumatra dan Kalimantan.

Ketua Bidang Agraria dan Tata Ruang Gapki Eddy Martono menerangkan, black campaign tersebut terjadi lantaran semakin ketatnya persaingan industri kelapa sawit di Indonesia.

"Betul, itu bagian dari black campaign dan memang untuk menyerang industri sawit indonesia. Saya melihat ada persaingan," ujarnya di Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Pasalnya, lanjut dia, minyak nabati lain saat ini dinilai cukup sulit untuk melawan produktivitas kelapa sawit yang sangat melimpah.

"Untuk 1 hektare sawit bisa hasilkan 6 ton per hektare, minyak lain paling satu ton, soybean satu ton. Sekarang untuk membuka satu hektar sawit itu harus 10 kali lipatnya soybean," terang dia.

Oleh sebab itu dia mensinyalir adanya pihak-pihak tertentu yang ingin menghancurkan industri kelapa sawit di Indonesia.

"Kita lihat bersama ada apa di balik ini. Kemarin jelas-jelas aneh, (asap) baru ngebul kok ada tanaman sawit di situ," pungkasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini