nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Berencana Normalkan Harga Listrik ke Nonsubsidi

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2015 10:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 27 19 1238702 pln-berencana-normalkan-harga-listrik-ke-nonsubsidi-6Dm83k5gFQ.jpg Ilustrasi: Setkab

JAKARTA - Guna tepat sasaran dalam pemberian subsidi tarif listrik, PT PLN (Persero) berencana memangkas total subsidi menjadi 24,7 juta dari 48,7 juta penerima subsidi.

Corporation Secretary PT PLN, Adi Suprion menjelaskan untuk mendukung rencana tersebut akan diberlakukan rencana migrasi pada tarif listrik 450 mw dan 900 mw migrasi tarifnya ke 1.300 mw. Dirinya menjelaskan skema tersebut akan berlaku pada awal Januari 2016.

"Jadi misalkan orang mampu memakai listrik 900 mw, walaupun dia bertahan tidak migrasi ke 1.300 mw, dia akan dikenakan tarif listrik nonsubsidi nantinya, itu akan berjalan otomatis"tutur Adi, di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Menurutnya, tidak masalah ketika warga mampu tak ingin migrasikan listriknya, lantaran harga pemakaiannya nanti akan dialihkan ke harga nonsubsidi.

Sementara itu, Direktur Kontruksi dan Energi Terbarukan PT PLN, Nasri Sembayang menambahkan, rencana tersebut hingga saat ini masih dalam tahap saat survei. Hal tersebut guna mendapatkan data mana yang pelanggan yang dianggap tidak mampu dan mana pelanggan tetap di 450 MW.

"Jadi kita tahu mana yang perlu migrasi. Di cek dulu semuanya,"tuturnya.

Namun, dirinya tidak menjelaskan berapa lama survei akan berjalan, namun menurutnya yang pasti, hal ini akan diberlakukan di seluruh Indonesia.

"Kita enggak bisa berlakukan ini di Jawa saja. Seluruh Indonesia nanti juga akan dilihat,"tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini