Habiskan USD5 Juta, Film Adaptasi dari Animasi Ini Merugi

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2015 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 27 213 1239026 habiskan-usd5-juta-film-adaptasi-dari-animasi-ini-merugi-3q4e24QaTD.jpg Ilustrasi: (Foto: Forbes)

JAKARTA - Film animasi klasik Jem and The Holograms baru-baru ini dirilis kembali dalam bentuk film nyata. Namun, film yang disutradarai oleh Jon M. Chu ini masuk dalam film terburuk dalam sejarah box office pekan lalu.

Bagaimana tidak, pada akhir pekan pembukaan pemutaran perdananya, film yang menghabiskan biaya produksi mencapai USD5 juta ini tidak seperti film-film lainnya yang meraup keuntungan, melainkan rugi hingga tidak dapat menutupi biaya produksi atau rugi.

Melansir Forbes, Rabu (28/10/2015), film yang diproduksi oleh Blumhouse, Hasbro, SB productions, dan Universal Pictures ini sejak awal 2014 hanya meraup USD1,3 juta di 2.413 layar bioskop pada saat pembukaan film akhir pekan ini.

Maka, tak heran jika film tersebut masuk ke dalam kategori film ke keempat yang terendah pendapatannya untuk ukuran saat pembukaan film yang lebih dari 2.000 layar bioskop, atau sama halnya dengan film Saw 10 tahun lalu yang memiliki nasib sama sebagai film ketiga terendah pendapatannya pada saat itu.

Jika melihat peluncuran pertama pemutaran film yang lebih dari 2.400 layar bioskop, film yang terendah berikutnya yaitu Won’t Back Down hanya menraup USD2,6 juta pada 2012. Walaupun dengan anggaran rendah dan minim iklan, film ini tetap menjadi bencana.

Sementara untuk film seperti Transformers, Teenage Mutant Ninja Turtles, dan G.I. Joe merogoh biaya produksi hingga mencapai USD125 juta, sedangkan untuk film Jem And The Hologram yang diadaptasi dari kartun musik hanya menganggarkan biaya produksi USD5 juta.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini