nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melamar Kerja di Inggris Tanpa Cantumkan Nama

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2015 05:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 28 213 1239447 melamar-kerja-di-inggris-tanpa-cantumkan-nama-A97HVY3h47.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah Inggris bersama beberapa perusahaan papan atas di Inggris sepakat untuk menggelar sebuah strategi perekrutan karyawan dengan cara "buta nama" (name-blind recruitment). Strategi ini akan menghapus nama-nama para pencari kerja yang umumnya fresh graduates dari formulir aplikasi lamaran.

Menurut Perdana Menteri Inggris David Cameron, hal ini dimaksudkan agar menghilangkan beberapa diskriminasi di awal perekrutan. Pasalnya, beberapa penelitian terbaru menunjukkan, banyak kejadian di mana nama mempengaruhi keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan. Faktanya, nama “putih” lebih sering dipanggil oleh perusahaan perekrut.

"Jika Anda punya nilai, keterampilan, dan tekad, maka pemerintah akan memastikan bahwa Anda dapat berhasil mendapatkan pekerjaan," tutur Cameron, dilansir dari laman Business Insider, Kamis (29/10/2015).

Layanan Sipil Inggris bersama dengan sejumlah perusahaan, termasuk HSBC, Deloitte, BBC, dan National Health Service Inggris, bersama-sama berpartisipasi dalam rencana ini untuk mencari tenaga kerja sekira 1,8 juta orang di Inggris. Rencananya, perekrutan ini akan dimulai pada April mendatang.

Cameron menjelaskan, inisiasi ini digerakkan sebulan setelah Cameron mengatakan, orang dengan nama yang baik atau "nama putih" dua kali lebih mungkin akan terpilih untuk bekerja. Hal ini, kata dia, sangat memalukan dan tercela.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini