nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudirman Said Klaim Sudah Selesaikan Masalah Freeport

ant, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2015 10:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 29 19 1239995 sudirman-said-klaim-sudah-selesaikan-masalah-freeport-5y1tmGTo8M.jpg Menteri ESDM Sudirman Said. (Foto: Okezone)

ABU DHABI - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menegaskan persoalan PT Freeport Indonesia sudah selesai sementara waktu, sejak pihaknya mengirimkan surat terkait penataan regulasi soal minerba di Indonesia.

"Dengan surat yang kami keluarkan, selesai," kata Sudirman saat dalam penerbangan dari Amsterdam ke Abu Dhabi usai kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS), Kamis (29/10/2015).

Dia mengatakan Freeport membutuhkan jaminan dan kepastian investasinya di Indonesia dari pemerintah. Sudirman juga menegaskan, sempat bertemu petinggi Freeport di AS saat acara US Chamber of Commerce di Washington DC. "Saya ketemu Ricard kemarin pokoknya sampai ditata ulang (peraturan) minerba, tidak akan ada pembicaraan," katanya.

Menurutnya, penataan regulasi akan diselesaikan karena aspek-aspek pengaturan mineral di Indonesia harus dibereskan seluruhnya. Namun, dia mengaku sulit untuk menentukan kapan rampungnya inisiatif tersebut.

"Dengan surat itu ketegangan Freeport dengan pemerintah tidak akan ada lagi, tinggal memberi tahu kepada masyarakat Indonesia tentang apa yang terjadi," katanya.

Dia mengimbau pihak-pihak yang tidak memahami persoalan Freeport untuk berhenti memperkeruh keadaan melainkan mencoba memahami keadaan yang sebenarnya. Dalam satu hingga dua pekan ke depan, Menteri Sudirman akan ke Timika untuk meresmikan tambang bawah tanah hasil kerja sama PT Freeport bersama 10 BUMN.

"Freeport melibatkan 10 BUMN misalnya dengan Krakatau Steel untuk suplai besi, lalu ada BUMN suplai batu bara, timah, BBM dan lain-lain, termasuk Pindad untuk suplai alat berat," katanya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini