nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia 10 Maskapai Paling Aman di Dunia

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2015 05:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 29 213 1240401 ini-dia-10-maskapai-paling-aman-di-dunia-5cgTUMpbLr.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA –2014 adalah tahun paling mematikan bagi sejarah industri penerbangan. Pasalnya, sepanjang 2014 terjadi 21 kecelakaan yang memakan 986 korban jiwa.

Kendati begitu, industri penerbangan masih menjadi salah satu transportasi paling aman di dunia. Tercermin dari data situs konsumen penerbangan Australia, AirlineRatings.com, pada 2014 jumlah penumpang yang diangkut dalam 27 juta penerbangan mencapai 3,3 miliar penumpang.

Mengutip Business Insider, Sabtu  (30/10/2015), AirlineRatings.com merilis 10 maskapai penerbangan yang paling aman dari 449 operator penerbangan di dunia. Untuk mendapatkan daftar tersebut, maskapai dinilai berdasarkan performa, jumlah kecelakaan dalam 10 tahun terakhir yang diperoleh dari audit yang dilakukan International Air Transportation Association (IATA), hingga penilaian terhadap negara asal maskapai.

Menariknya, 10 maskapai penerbangan ini berasal dari Asia, Australia dan Eropa tanpa maskapai asal Amerika dan Afrika. Berikut adalah daftarnya:

1. Air New Zealand

Maskapai ini telah melakukan pemulihan yang baik setelah mengalami masalah keuangan di awal tahun 2000. Pencapaian Air New Zealand ini berujung pada penobatan maskapai penerbangan terbaik di dunia yang diberikan AirlineRatings.com. Dalam beberapa tahun terakhir Air New Zealand tidak mengalami kecelakaan yang signifikan.

2. Singapore Airlines

Secara universal Singapore Airlines dipuji karena memiliki layanan berkualitas tinggi dan biaya operasional yang efisien.

3. Finnair

Sebagai salah satu maskapai nasional Finlandia, Finnair tidak mendapat banyak sorotan dari media seperti beberapa rekan Skandinavianya. Namun jangan anggap remeh maskapai yang berbasis di Helsinki ini. Pasalnya Finnair dinilai memiliki catatan keselamata terbaik dalam industri penerbangan. Bahkan Finnair tidak mengalami kecelakaan sejak tahun 1960an.

 

4. British Airway

Maskapai ini merupakan penerbangan terbesar di Eropa/ Meskipun banyak diberitakan media karena mengalami beberapa insiden, maskapai ini hanya mengalami kecelakaan terparah pada 1976.

5. Cathay Pacific

AirlineRatings.com baru-baru ini menganugrahkan Cathay Pacific sebagai maskapai yang kelas binsisnya paling baik di dunia. Tidak hanya kelas bisnis yang nyaman, maskapai ini juga memiliki tingkat keselamatan yang baik. Selain serangan teroris, Cathay Pacific tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak 1960-an.

6. Emirates Airlines

Sejal awal tahun 1985, maskapai ini sudah masuk dalam pemain besar dalam industri penerbangan. Selama 30 tahun maskapai Emirates berhasil mempertahankan catatan keamanan yang hampir sempurna.

7. Etihad

Seperti Emirates, Etihad Abu Dhabi juga berhasil mempertahankan catatan kemanan yang baik. Ini pencapaian luar biasa bagi maskapai yang telah berumur satu dekade namun bisa menjaga reputasinya.

 

8. EVA Air

Maskapai asal Taiwan ini dinobatkan sebagai maskapai terbaik di Asia oleh AirlineRatings.com. Maskapai ini belum pernah mengalami kecelakaan besar sejak didirikan tahun 1988.

9. Lufthansa

Maskapai Jerman ini merupakan raksasa dalam industri penerbangan Eropa. Beroperasi sejak 1955, maskapai yang bermarkas di Frankfurt ini dinobatkan sebagai maskapai terbaik di Eropa oleh AirlineRatings.com. Sejak 1993, maskapai ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal.

10. Qantas

Maskapai asal Australia ini menjadi perusahaan yang reputasi keamanannya bersih. Maskapai yang sudah beroperasi selama 93 tahun ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal sejak 1951.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini