nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

18 Negara Terbaik untuk Berbisnis versi World Bank

Raisa Adila, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2015 06:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 30 213 1240872 18-negara-terbaik-untuk-berbisnis-versi-world-bank-uqOh2sGjXs.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - World Bank (Bank Dunia) mengeluarkan laporan mengenai beberapa negara yang paling ramah untuk menjalankan bisnis pada 2016 mendatang. Negara-negara tersebut dianggap dapat menjaga perusahaan untuk terus menjalankan operasinya.

World Bank menghitung skor sendiri untuk masing-masing negara, didasarkan pada penilaian tertentu seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan izin yang diperlukan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis, dan bagaimana menerapkan peraturan dan pajak.

Berikut adalah negara-negara terbaik untuk melakukan bisnis mulai dari peringkat terbawah yang dinilai pada tahun ini seperti dilansir Business Insider, Sabtu (31/10/2015).

1. Singapura

Sistem keuangan negara ini mengalami periode pertumbuhan dramatis selama abad ke-20, dan sekarang kembali menduduki peringkat puncak sebagai negara terbaik dunia untuk menjalankan bisnis versi World Bank selama 10 tahun berturut-turut.

2. Selandia Baru

Perekonomian negara kecil ini telah menjadi model untuk ditiru dalam hal pendekatan bisnis start-up. Pada sistem penilaian World Bank, Selandia Baru hanya kurang satu poin untuk menjadi juara umum.

3. Denmark

Negara ini menduduki puncak negara ramah pebisnis untuk negara-negara Eropa, dan telah naik dari perigkat enam dalam lima tahun terakhir.

4. Korea Selatan

Dalam beberapa tahun terakhir Korea Selatan telah menjadi jauh lebih ramah bagi pelaku bisnis. World Bank mencatat ada kenaikan dari 16 peringkat hanya dalam waktu lima tahun.

5. Hong Kong

Merupakan kota keuangan utama China dan akses gateway untuk pihak Barat, Hong Kong telah turun peringkat dari peringkat ketiga. Padahal, pada 2011, Hong Kong bersaing dengan Singapura untuk tempat teratas.

6. Inggris

Negara ini merupakan pusat keuangan terbesar di Eropa. Bahkan, Inggris diberi pujian oleh Bank Dunia terkait kebijakan pemotongan pajak perusahaan.

7. Amerika Serikat

Amerika Serikat dikenal dengan negara ekonomi terbesar dunia. Sayangnya, penilaian sebagai negara ramah terhadap bisnis harus turun dua peringkat sejak lima tahun lalu.

10. Finlandia

Meskipun negara ini mengalami penurunan tahun ini, Finlandia telah meningkat selama lima tahun terakhir, naik dari peringkatnya ke-13 dan merupakan lima negara eropa yang ramah bagi aktivitas bisnis.

8. Swedia

Merupakan negara terluas ketiga di Uni Eropa, Swedia didapuk sebagai peringkat ke-8 untuk negara ramah bagi pelaku bisnis. Masyarakat negara ini juga disebut mempunyai standar hidup yang tinggi.

9. Norwegia

Meskipun Norwegia telah turun tiga peringkat, namun negara ini masih masuk dalam jajaran 10 negara teramah bagi aktivitas bisnis.

11. Taiwan

Negara di pulau lepas pantai China ini cukup mengesankan bagi pebisnis. Taiwan bahkan meningkat 8 peringkat pada tahun ini, serta bangkit 33 peringkat sejak 2011.

12. Makedonia

Peringkat negara yang terletak di semenanjung Balkan, Eropa Selatan ini naik drastis dari peringkat 30 dan pernah menjadi salah satu negara termiskin di kawasannya. Namun, negara itu berhasil melonjak naik selama lima tahun terakhir.

13. Australia

Meskipun terjadi penurunan tiga peringkat tahun ini, Australia tetap menjadi negara ramah bisnis kedua tertinggi di seluruh belahan bumi selatan.

14. Canada

Berbeda dengan Jerman, Kanada justru membaik dua peringkat dari tahun sebelumnya. Meski demikian, keramahan bisnis di Kanada kali ini masih kalah dibanding lima tahun lalu yang mendapakan peringkat ketujuh.

15. Jerman

Jerman tergeser ke bawah satu peringkat pada tahun ini. Negara tersebut merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Eropa dan umumnya membuat kemajuan sejak 2011.

16. Estonia

Negara di kawasan Baltik, Eropa Utara ini tetap berada pada peringkat 16 sejak tahun lalu yang bersaing dengan Lithuania.

17. Irlandia

Irlandia tergelincir dari posisinya yang sebelumnya berada pada peringkat ke-13. Dalam lima tahun terakhir, Irlandia bahkan tergelincir cukup dalam karena pernah menempati posisi ke-9 di dunia.

18. Malaysia

Seperti tahun sebelumnya, Malaysia juga duduk di peringkat 18. Negara ini berpegang pada sistem keuangan Islam dan merupakan salah satu negara yang paling ramah bisnis di dunia berkembang, mengalahkan banyak negara maju.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini