nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembilan Daerah Ini Sudah Bisa Nikmati Gas Perkotaan

Amir Sarifudin , Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2015 18:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 31 19 1241426 sembilan-daerah-ini-sudah-bisa-nikmati-gas-perkotaan-NBvixN49Ri.jpg Ilustrasi pipa gas. (Foto: Okezone)

BALIKPAPAN - Pemerintah menargetkan dapat merealisasikan program city gas di daerah-daerah. Secara nasional di Indonesia proyek city gas yang dikembangkan ada 21 daerah. Dari jumlah itu yang sudah berjalan di 10 daerah.

"Yang sudah mengalir gas itu Palembang, Prabumulih, Jabodetabek, Cirebon, Surabaya, Sengkang, Tarakan, Bontang, Sidoarjo dan Jambi," sebut anggota Komite BPH Migas, Ibrahim Hasyim, Sabtu (31/10/2015).

Menurutnya, jumlah ini akan terus bertambah karena sembilan daerah seperti Ogan Ilir, Subang, Bekasi, Semarang, Blora, Lhokseumawe, Bulungan, Sorong infrastruktur jaringan pipa sudah selesai. "Ada sembilan, Ini sudah jadi jaringan pipa bentar lagi ngalir pipanya. Tahun ini ada dua Kota sedang dibangun yakni Lokshukon dan Pekanbaru," katanya

Dia melanjutkan, harga jual gas relatif murah karena ditentukan oleh BPH Migas. Jika ada nilai ekonomis dan menguntungkan dari perhitungan swasta, dipastikan mereka akan berminat. Dia mencontoh pihak swasta tengah menjajaki bisnis city gas di dua kecamatan di Kabupaten Prabumulih, Sumatra Selatan.

"Belum swasta, tapi ke depan tidak menutup kemungkinan swasta masuk dalam program ini. Sekarang ini murah sekali harga gasnya. Kayak di Jakarta spending bisa sampai RP50 ribu perbulan dengan pakai gas biasanya. Lumayan," tuturnya

Dia mencontoh, di Prabumulih Sumatera Selatan ada tiga kecamatan yang suda berjalan. Dan ada dua kecamatan yang belum terpasang. Prabumulih akan jadi satu- satu kota yang berbasis gas. Dan kemungkinan sisanya akan melibatkan pihak swasta.

"Asal harganya sedikit ada buat investor tapi masih tetap harus murah. Kemarin kita lakukan itu dan kebetulan Pertagas mau bangun itu,"lanjutnya.

Dia menambahkan untuk pengelolaan city gas ini akan dilakukan oleh Pertagas dan PLN dengan melibatkan perusahaan daerah. "Memang agak rumit pengelolaan tapi sekarang ditangani oleh Pertagas dan PLN bersama pemerintah daerah, " tambahnya.

Program city gas ini tiap kota akan melibatkan 4000 kk. Di DKI Jabodetabek sudah ada 17 ribu kepala keluarga yang menikmati gas kota ini.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini