Share

Pabrik Switchgear di Cikande Ditargetkan Rampung Juli 2016

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Senin 02 November 2015 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 02 19 1242190 pabrik-switchgear-di-cikande-ditargetkan-rampung-juli-2016-ZEERJgeG3W.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


CIKANDE - Pabrik switchgear untuk Tegangan Tinggi (TT) dan Tegangan Ekstra Tinggi (TET) pertama di Indonesia yang akan dibangun oleh PT Crompton Prima Switchgear Indonesia (CPSI), dijadwalkan rampung pada Juli 2016 dan beroperasi penuh pada September 2016.

"Bulan Juli tahun depan. Ini kan sudah dipancang semua kan. Jadi nanti setiap bulan naik terus progresnya. Bulan Juli udah selesai, nanti semoga bulan September bisa memproduksi dengan baik," ucap Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Tengah PT PLN (Persero) Nasri Sebayang, seusai groundbreaking di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Senin (2/11/2015).

Dia mengungkapkan, semua peralatan atau komponen switchgear untuk kebutuhan transmisi listrik nantinya akan dipasok dari pabrik tersebut.

"Tahun pertama belum (dipasok semua), karena baru dibangun kan. Tapi nanti setelah ini beroperasi, nanti kita akan pasok semuanya dari sini," ungkap dia.

Kendati demikian, dia mengaku optimistis bahwa pabrik yang sudah resmi di-groundbreaking tersebut nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan switchgear di dalam negeri dan bahkan mampu menyasar pasar ekspor hingga Asia Pasifik.

"Harus (sanggup). Ini dibangun bukan hanya untuk dalam negeri, tapi juga untuk ekspor Asia Tenggara dan Asia Pasifik," pungkasnya.

Sekedar informasi, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui anak usahanya menandatangani kontrak kerja sama pembelian (purchase agreement) komponen switchgear dengan PT Crompton Prima Switchgear Indonesia (CPSI) pada Juni 2014.

Pabrik CPSI merupakan perusahaan joint venture antara CG International Holdings Singapore Pte Ltd (anak usaha Crompton Greaves Ltd) dan PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (anak usaha PLN Persero).

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini