nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Sebut Hari Ini Terakhir Krisis Listrik

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Senin 02 November 2015 18:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 02 19 1242380 pln-sebut-hari-ini-terakhir-krisis-listrik-Q3WrA2SMzu.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


CIKANDE - PT PLN (Persero) memastikan mulai esok hari tidak akan lagi terjadi krisis listrik seperti minggu lalu.

"Mudah-mudahan shortage (kekurangan) hari ini terakhir, besok sudah normalkan," ucap Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Tengah PT PLN (Persero) Nasri Sebayang di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Senin (2/11/2015).

Dia mengungkapkan, krisis listrik yang terjadi selama beberapa hari belakangan lantaran terdapat masalah pasokan air pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) akibat musim kemarau yang tak kunjung usai.

"Terjadi defisit listrik itu karena ada masalah, di PLTA-PLTA kita karena musim kemarau ini sudah sampai bulan November belum turun hujan. Biasanya di awal Oktober sudah turun hujan," ungkap dia.

Dia mencontohkan, beberapa PLTA di Jawa Barat, seperti PLTA Saguling dengan kapasitas daya 700 MW dan PLTA Cirata dengan kapasitas 1000 MW yang dikurangi kegiatan operasionalnya lantaran waduknya sudah mulai mengering.

"Nah itu kan Saguling ada 700 MW, Cirata ada 1000 MW. Belum lagi waduk-waduk yang lain, seperti waduk Sudirman, Karang Kates. Itu besar yang harus kita kurangi bebannya," jelasnya.

Selain PLTA, lanjut dia, Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) turut akan dioptimalisasi untuk dapat memulihkan krisis listrik yang terjadi.

"Nah caranya sekarang ini kita mengoptimalkan seluruh pembangkit yang menggunakan gas, di seluruh Indonesia ini kita optimalkan," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini