nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

India Minat Gabung Proyek 35 Ribu Mw

Hendra Kusuma, Jurnalis · Selasa 03 November 2015 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 03 19 1242852 india-minat-gabung-proyek-35-ribu-mw-68cq1zgCLT.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, India berminat bergabung pada proyek ketenagalistrikan 35.000 megawatt (mw). Menurut Franky, India juga merupakan negara yang menguasai teknologi terkait dengan pembangkit listrik.

"Jadi dengan proyek 35.000 Megawatt itu kita sangat sangat berharap ada peran dari investor India," kata Franky di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Franky menyebutkan, para pengusaha asal India juga banyak yang berusaha di sektor ketenagalistrikan. Salah satunya, kata Franky adalah Adani Group yang saya ini memiliki kapasitas listrik di India cukup besar dengan 11,2 gigawatt (gw).

"Nah dia sekarang lagi bangun 5.000 megawatt dengan bahan baku solar di India. Nah dengan pengalaman itu lah mereka purpose power plan ke kita. Renewable atau enggak itu tinggal nanti dia tergantung bahan bakunya," tambahnya.

Franky akan memastikan niatan India untuk masuk pada proyek ketenagalistrikan 35.000 mw kepada Kementerian ESDM. Sebab, rencana investasi yang besar harus dikawal dengan baik, hal ini juga berlaku tidak hanya kepada India, melainkan kepada negara-negara lainnya.

Tidak hanya itu, kata Franky, para pelaku usaha India juga meminati investasi sektor perdagangan di Indonesia. Namun, sampai saat ini masih belum mengetahui berapa perusahaan India yang berminat investasi di Indonesia.

"Intinya kami membuka invasif dari India dan komunikasi kami dengan dubes India cukup baik sehingga kita mencoba memfasilitasi bila ada kendala investasi," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini