nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Benar Kode Token Listrik Isi Voucher, PLN Bakal Rugi

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 04 November 2015 06:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 03 19 1242893 pln-rugi-besar-jika-benar-ada-kode-kompensasi-listrik-prabayar-nTNIfInJHu.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia Ferdinand Hutahaean mengatakan, PT PLN (Persero) akan mengalami kerugian yang besar, jikalau pembelian listrik prabayar terdapat kode kompensasi untuk menambah Kwh bagi listrik para pelanggan.

Apalagi, banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai kode kompensasi Kwh yang terdapat pada slip pembelian token listrik prabayar. "Tapi saya yakin bahwa PLN pun tidak tahu menahu soal kode itu karena jika itu benar terbukti maka akan merugikan PLN sendiri, kata Ferdinand kepada Okezone, Jakarta.

Ferdinand menuturkan, PLN bisa rugi besar dengan adanya kode kompensasi Kwh pada slip pembelian token listrik prabayar. Sebab, penambahan Kwh tersebut tidak terbayar. Padahal, Kwh meter pada pembangkit akan berputar karena adanya penggunaan daya terpakai meski tidak terbayar.

"Dengan demikian akan ada selisih daya yang harus dibayar PLN ke pembangkit dengan daya terbayar. Karena penambahan daya dengan kode tersebut tentu tidak masuk dalam hitungan nilai rupiah yang dibeli masyarakat," tambahnya.

Akan tetapi, kata Ferdinand, PLN juga bisa diuntungkan dengan fenomena kode kompensasi penambahan Kwh yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat.

"Ya tentu dalam hal ini yang diuntungkan bukan agen listrik, tapi yang diuntungkan adalah PLN. Karena sistem dipegang oleh operator dalam hal ini PLN. Sementara agen cuma menjual saja yang mungkin agen juga tidak tahu," tukasnya.

Seperti diketahui, saat ini sedang heboh di dunia maya adanya kode pada slip pembayaran listrik token untuk mengisi ulang voucher listrik pra-bayar. Kode tersebut diyakini bermanfaat untuk menambah jumlah Kwh yang akan didapat konsumen.

Info tersebut juga menjelaskan, cara memasukkan kembali nomor token yang tertera seperti pada gambar di atas. Konsumen dipercaya akan mendapatkan tambahan Kwh sebagai kompensasi dari PLN akibat tidak tercapainya Tingkat Mutu Pelayanan (TMP).

(rzy)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini