nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Punya 2.400 Kancab di Indonesia, Bank RI Cuma Satu

Raisa Adila, Jurnalis · Rabu 04 November 2015 20:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 04 457 1243784 singapura-punya-2-400-kancab-di-indonesia-bank-ri-cuma-satu-e5YeTnsXCq.JPG Ilustrasi perbankan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perbankan Indonesia yang melakukan ekspansi di luar negeri dianggap tidak dapat dibandingkan dengan perbankan Malaysia dan Singapura. Pasalnya, perbandingan kantor cabang asing antara negara tersebut sekira 1:2.000.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyatakan, Singapura sudah memiliki empat bank di Indonesia dengan kantor cabang sebanyak 2.400 kantor. Sebaliknya, Indonesia hanya miliki satu bank di negara tersebut.

"Dengan Singapura, dia sudah punya empat bank di Indonesia pemegang saham mayoritas apakah Danamon, DBS, NISP, OCBC atau UOB. Kantornya 2.400 kantor. Sementara ATM Singapura 4.800," kata Agus di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan negara yang hampir serupa perekonomiannya, Indonesia juga kalah jauh dengan Malaysia. Pasalnya, Malaysia punya dua bank di Indonesia dengan kantor cabang 2.100 dan mesin ATM di atas 4.000.

"Dengan Malaysia punya dua bank CIMB dan Maybank BII. Indonesia hanya punya satu bank syariah dua remitance office dan satu ATM," kata dia.

Dengan perbandingan kantor cabang 1:2.000 tersebut, Agus menyatakan perlu adanya integrasi perbankan di ASEAN. Hal ini untuk mengembangkan hubungan antar bank yang saling menguntungkan di kawasan ASEAN.

"Oleh karena itu dalam Asia bank integration framework kami diskusikan agar ini lebih seimbang. Dengan Singapura dan Malaysia perlu ada koordinasi yang baik dan perlu ada kesetaraan," tandas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini