nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percuma Bangun Pembangkit Listrik, Jika Pengelolaannya Amburadul

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 05 November 2015 13:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 05 19 1244132 percuma-bangun-pembangkit-listrik-jika-pengelolaannya-amburadul-5LnAKyVCh9.jpg Ilustrasi pembangkit listrik. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kementerian ESDM tengah menargetkan penambahan kapasitas pembangkit listrik dari 50,7 giga watt (GW) menjadi 86,6 GW. Rasio elektrifikasi juga berencana ditingkatkan dari 81,5 persen menjadi 96,6 persen.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain menilai, pemerintah masih perlu bekerja lebih keras, pasalnya permasalahan di bidang kelistrikan begitu kompleks.

"Berkaca dari berbagai tantangan yang dihadapi program percepatan (fast track) tahap I dan II. Saat ini muncul keraguan dari berbagai kalangan akan kemampuan pemerintah untuk mewujudkan target 35 ribu MW dalam lima tahun ke depan," tuturnya di Gedung LIPI, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Sementara Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo mengatakan, dalam mendorong ketersediaan energi listrik, pemerintah juga haru memberikan perhatian masyarakat kecil dengan membangun sumber energi listrik di wilayah perbatasan, terpencil ataupun pulau-pulau terluar.

Tri memandang, permasalahan utama sebenarnya bukan pada pembangunan sumber listrik baru, tapi pengelolaan dan menjaga pembangkit listrik yang juga menjadi isu penting yang harus dibenahi.

"Jadi pemerintah pusat maupun daerah, swasta dan lembaga harus turut terlibat dalam membangun listrik skala kecil itu. Namun, sisi berkelanjutan pengelolaan masih menjadi masalah besar dan banyak pembangkit skala kecil yang belum berjalan sesuai harapan," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini