nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Listrik 450 Va Batal Naik

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 05 November 2015 13:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 05 19 1244157 tarif-listrik-450-va-batal-naik-4mr5eulUxR.jpg Ilustrasi listrik. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah membatalkan niat untuk mencabut subsidi listrik untuk pelanggan 450 volt ampere (va). Dengan begitu tarif listrik untuk golongan tersebut tidak akan berubah.

"Untuk 450 va tidak ada perubahan harga. Karena kami ingin memberi kemudahan untuk masyarakat kecil. Untuk 450 va kami tahu pemakainya memang hidupnya masih di bawah," tutur Menteri ESDM Sudirman Said di Gedung LIPI, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Sudirman mengaku, pihaknya sudah yakin kalau pengguna listrik 450 va benar-benar masyarakat miskin dan membutuhkan bantuan. Namun berbeda dengan pelanggan listrik 900 va yang subsidinya masih dianggap salah sasaran.

Oleh karena itu, Sudirman memberikan kesempatan PLN untuk menyisir pelanggan 900 va yang dianggap tidak berhak menerima subsidi listrik. PLN diberikan tenggat waktu selama enam bulan untuk menghimpun data tersebut.

"Yang di atas itu kami sisir dulu apa betul penerima subsidi itu. Makanya diberi waktu enam bulan lamanya sisir data, rekonsiliasi. Nanti pada waktunya kita tentukan mau bagaimana," tuturnya.

Dia mengatakan, pengurangan dana di RAPBN 2016 untuk subsidi listrik juga tidak mempengaruhi penyaluran subsidi listrik masyarakat miskin. Namun saat ini pemerintah tengah beupaya agar subsidi tersebut bisa lebih tepat sasaran.

"Yang namanya anggaran kan baru rencana. Realisasinya tergantung situasi, yang penting kita bisa jelaskan. Kebijakan subsidi dibatalkan, ini perlu persiapan," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini