nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Subsidi Dicabut, Pemerintah Harus Jamin Penyaluran Listrik Merata

Danang Sugianto, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 06:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 05 19 1244349 subsidi-dicabut-pemerintah-harus-jamin-penyaluran-listrik-merata-uWDMIg6hlo.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemerintah memiliki wacana untuk mencabut subsidi pengguna listrik 450 va dan 900 va. Hal tersebut disambut baik oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Namun Peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo menegaskan, dengan pencabutan subsidi listrik tersebut, pemerintah harus menjamin pemerataan penyaluran listrik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya pikir itu hal positif, memang konsekuensinya harganya akan naik. Tapi yang kami harapkan subsidinya dicabut lalu diarahkan untuk membantu masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik," tuturnya kepada Okezone di Gedung LIPI, Jakarta.

Menurutnya saat ini sekitar 60 juta masyarakat Indonesia masih belum mendapatkan akses listrik. Pasalnya pengadaan infrastruktur listrik masih belum merata khsusnya diwilayah terluar dan pedalaman.

"Di pedalaman itu masih banyak yang belum punya listrik. Karena untuk koneksinya saja mereka enggak punya uang. Butuh Rp2 juta-Rp3 juta untuk menyambung ke PLN. Belum lagi pembangkitnya ada tapi transmisinya tidak ada, nah itu kan butuh dana yang cukup besar," imbuhnya.

Oleh karena itu, Max berharap, jika pemerintah bersungguh-sungguh ingin mencabut subsidi listrik, harus dipastikan realokasi dana subsidi tersebut diperuntukkan untuk membangun akses listrik yang merata.

"Kan prinsip energi itu adil dan merata. Itu bisa tercapai jika semua masyarakat mendapatkan akses listrik. Saat ini kan sebagian dapat subsidi tapi sebagian malah belum sama sekali dapat listrik," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini