nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Lahirnya Samsung, Hanya Bermodal USD25

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 00:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244198 kisah-lahirnya-samsung-hanya-bermodal-usd25-DaTdLmD0Cf.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sabotase, aksi spionase, pertarungan memperebutkan kesuksesan dan persaingan tidak sehat, terdengar seperti kisah dalam film. Tapi, hal tersebut nyata terjadi pada keluarga Lee, pemilik perusahaan manufaktur terbesar di dunia, Samsung.

Keluarga kaya raya ini telah menjadi sebuah dinasti di Korea. Bahkan, kekayaan keluarga ini mencapai 17 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB) negara tersebut.

Samsung telah bermetamorfosa menjadi kerajaan bisnis yang sangat luas. Perusahaan ini lebih dari sekadar produsen smartphone. Demikian dilansir dari Business Insider.

Samsung sendiri telah berjalan di tiga generasi keluarga Lee.

Samsung bermula pada 1938, yakni dibangun oleh Lee Byung-chul dengan hanya bermodal USD25.

Sosok paling disegani yang merupakan nenek moyang dari dinasti Samsung membuka toko kecil yang menjual barang-barang yang kering, termasuk ikan kering.

Satu dekade kemudian, putranya meluncurkan salah satu ponsel yang paling didambakan di pasar, Galaxy S, smartphone yang segera menjadi bintang baru di dunia.

Walau begitu, Lee Byung-chul hanya bermodal USD25 ketika ia membuka toko pertamanya tersebut.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini