nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persaingan Samsung Vs LG pun Tak Reda oleh Pernikahan

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 02:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244209 persaingan-samsung-vs-lg-pun-tak-reda-oleh-pernikahan-hKpngsNihX.jpg (Foto: Businessinsider)

JAKARTA - Meski terjadi pernikahan antara personil keluarga pemilik Samsung dan LG, persaingan antara kedua keluarga tersebut tetap kencang.

Pada 1956, adik perempuan Lee Kun-hee menikah dengan keluarga yang menjadi rivalnya, yakni LG. Tapi, persaingan antara Samsung dan LG justru kian memanas.

Sang adik, Lee Sok-hee menikah dengan salah satu anak dari Keluarga Keumsung, pemilik LG. Awalnya memang kedua pihak ini masih harmonis.

Hingga akhirnya LG menjadi penjual barang elektronik terbesar di Korea Selatan. Akibatnya, hubungan Lww Byung-chul dengan Keumsung berada di titik terburuknya. Demikian dilansir dari Business Insider.

Lee Kun-hee sendiri merupakan salah satu keturunan Keluarga Lee yang menjadi sosok di balik keluarga tersebut dalam menjalankan bisnis konglomerasinya.

Lee Kun-hee sendiri menjabat chairman Samsung Electronic. Fenomena struktur konglomerasi dalam keluarga tersebut disebut chaebol di Korea Selatan.

Chaebol sendiri mencerminkan network yang terjalin di antara perusahaan di mana setiap anggota keluarga tersebut memiliki bagian atas perusahaan-perusahaan tersebut.

Hal ini memang sedikit membingungkan, antara kepemilikan dan menjadikan suksesi memang tidak jelas.

Sebagai contoh, Samsung merupakan afiliasi dari Cheil, tetapi untuk membuat suksesi menjadi lebih mudah, Cheil mengumumkan bahwa mereka ingin membeli Samsung senilai USD9 miliar.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini