nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samsung Cerai Berai di Generasi Kedua Keluarga Lee

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244223 samsung-cerai-berai-di-generasi-kedua-keluarga-lee-amV63Gvq12.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketika Lee Kun-hee menjadi pemimpin Samsung, saudara-saudaranya yang merupakan generasi kedua keluarga Lee mulai membagi aset yang ada.

Saudara perempuan Lee Kun-hee, Lee In-hee, yang incharge di unit usaha home furnishing dan Myung-hee yang memegang unit usaha ritel, dipisahkan dari perusahaan dengan membawa departemen mereka pada 1991 dan 1997.

Lee In-hee membangun Hansol Group. Kini, menjadi produsen kertas terbesar di Korea, yang juga merupakan produsen elektronik. Sementara Lee Myung-hee menciptakan Shinsegae Group. Demikian dilansir dari Business Insider.

Pada 1997, CJ Cheil Jedang, yang menjual makanan dan biofarmasi, juga memisahkan diri dari Samsung Group, dengan dipimpin Lee Jay-hyun, anak Lee Maeng-hee.

Pada 2014, dia ia didakwa dengan pencurian dan penggelapan, dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara.

Melihat gelagat yang ada, generasi selanjutnya dari Keluarga Lee tampaknya akan melakukan pemisahan-pemisahan selanjutnya dari Samsung Group.

Pada 1996, Lee Kun-hee dihukum akibat membayar suap untuk mantan presiden Chun Doo-hwan dan Roh Tae-woo.

Tapi, dia diampuni oleh lalu-Presiden Kim Young-sam pada 1997.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini