nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Bos Samsung Tersangkut Skandal Korupsi, dan Dimaafkan!

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 05:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244225 kisah-bos-samsung-tersangkut-skandal-korupsi-dan-dimaafkan-J2lBavIHGK.jpg Lee Kuan-hee. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejarah buruk Samsung terulang kembali pada 2007. Chief Lawyer Samsung membocorkan aliran dana korupsi yang dilakukan bosnya, Lee Kun-hee.

Chief Lawyer Samsung yang bernama Kim Yong-chul menyebut Lee Kun-hee telah menyalurkan dana sogokan kepada sejumlah pejabat hukum dan tokoh politik di Korea Selatan.

Kim Yong-hul mengklaim, perusahaan tersebut telah mempersiapkan rencana, yakni sejumlah eksekutif akan dijadikan kambing hitam jika skandal mengenai ini terungkap dan mulai mengarah kepada Lee Kun-hee.

Lee Kun-hee pun divonis bersalah, dan perhatian terfokus kepada kekosongan kekuasaan yang akan ditinggalkannya.

Lee Kun-hee dinyatakan bersalah menghindari pajak senilai USD45 juta dan didenda sekira USD90 juta. Diputuskan dia akan masuk penjara selama tiga tahun.

Dia mengundurkan diri sebagai chairman dan meminta maaf kepada publik. Hal tersebut terjadi pada tahun 2008, dan Samsung adalah produsen ponsel terbesar di Amerika Serikat (AS). Demikian dilansir dari Business Insider.

Untungnya, Lee Kun-hee diampuni. Dia pun kembali ke perusahaan walau tertatih-tatih.

Dia diampuni oleh Presiden Korea Selatan pada tahun 2009. New York Times melaporkan, hal tersebut kemungkinan terjadi akibat Lee Kun-hee menjabat Komite Olimpiade Korea.

Lee Kun-hee merebut kembali posisinya sebagai chairman Samsung Electronics, dan, pada tahun 2011, perusahaan ini membuat panel LCD, chip, dan tablet dengan jumlah jutaan unit tiap bulannya.

Pertama, Samsung Galaxy S, smartphone produk perseroan untuk kalangan atas yang dirilis pada tahun 2010. Meskipun mencapai keberhasilan di pasar internasional, dengan 24 juta unit penjualan di seluruh dunia pada tahun 2012, penjualannya jatuh di AS, kalah oleh Apple iPhone 4, yang terjual sekira 85 juta unit pada periode yang sama.

Samsung pun segera merilis smartphone S3, yang membuat Galaxy menjadi saingan berbahaya untuk Apple.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini