nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rebutan Warisan, Generasi Kedua Samsung Minta USD3,54 Miliar

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 06:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244229 rebutan-warisan-generasi-kedua-samsung-minta-usd3-54-miliar-VKRrfUNIR6.jpg Lee Maeng-hee dan Lee Sook-hee. (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Samsung kembali dilanda konflik internal pada 2012. Generasi kedua dari Keluarga Lee kembali meminta jatah atas keberhasilan Samsung.

Sekadar kilas balik, pendiri Samsung Lee Byung-chul memiliki delapan anak. Putra keduanya, Lee Chang-hee meninggal pada 1991.

Anak pertamanya, Lee Maeng-hee bersama adik perempuannya, Lee Sook-hee yang menikah dengan personil dari keluarga pemilik LG kembali pada 2012. Demikian dilansir dari Business Insider.

Mereka menuntut 4,1 triliun won atau USD3,54 miliar. Mereka mengklaim, sang ayah Lee Byung-chul, telah meninggalkan warisan berupa sebagian dari saham untuk dua saudara kandung tersebut. Dan Lee Kun-hee yang menjadi chairman Samsung dituding telah merampok warisan jatah mereka.

Mereka berdua meminta seperempat saham chairman Lee Kun-hee di Samsung Life Insurance, yang nilainya sekira USD850 juta.

Samsung Life merupakan pemegang saham mayoritas di Samsung Electronic. Dan pemangkasan saham tersebut akan membuat chairman Lee Kuan-hee hanya menjadi pemegang saham terbesar kedua di perusahaan asuransi tersebut.

Hal tersebut menjadi kontroversi pada waktu itu. Dan muncul dugaan bahwa konglomerasi Samsung akan kembali tercerai berai kembali. Tapi, hal tersebut tidak terjadi akibat hakim Korea Selatan memutuskan mendukung Lee Kun-hee.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini