nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prospek Samsung di Tangan Generasi Ketiga Keluarga Lee

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 06:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244235 prospek-samsung-di-tangan-generasi-ketiga-keluarga-lee-BrWDoSOc6L.jpg (Foto: Businessinsider)

JAKARTA - Chairman Samsung Lee Kuan-hee mulai melibatkan empat orang anaknya dalam mengelola bisnis Samsung. Khususnya putra satu-satunya, Lee Jae-yong.

Lee Kuan-hee memiliki empat anak, tiga orang perempuan dan satu laki-laki. Mereka disekolahkan di Amerika Serikat (AS). Anak laki-lakinya, Lee Jae-yong ini yang dipersiapkan sebagai suksesornya.

Pada tahun 2000, Lee Jae-yong memimpin 14 perusahaan venture di bidang internet, dengan e-Samsung sebagai pemegang saham utama. Tapi kinerja perusahaan ini tampaknya kurang berhasil. Demikian dilansir dari Business Insider.

Alhasil, e-Samsung menderita rugi sebesar 20 miliar won atau sekira USD18 juta. Dan ini menghancurkan kredibiltas Lee Jae-yong.

Sementara, salah satu putri Lee Kuan-hee yang berusia 26 tahun, Lee Yoon-hyung, bunuh diri di New York pada 2006.

Lee Jae-yong belajar ilmu manajemen di Jepang dan AS. Dia kini menjabat presiden Samsung Electronic.

Sementara, Lee Boo-jin, yang merupakan anak tertua kedua disebut-sebut menjadi saingan Lee Jae-yong. Dia telah disebut "Little Kun-hee".

Putri tertua Lee Kun-hee ini adalah presiden dari Hotel Shilla dan co-presiden Samsung Everland, alias Cheil Industries.

Dia merupakan sosok bertanggung jawab dari sisi bisnis perhotelan. Dia telah membuat toko bebas bea yang sukses di Korea. Bahkan, dia membujuk Louis Vuitton untuk membuka toko pertamanya di bandara Incheon pada 2011.

Selanjutnya, yang termuda adalah Lee Seo-hyun yang menjabat co-presiden Cheil Industries. Lee Seo-hyun bertanggung jawab untuk fashion dan iklan di Samsung. Divisi berusia 41 tahun ini bersaing ketat dengan merek asal Spanyol, Zara dan merek asal Jepang, Uniqlo.

Seperti kedua kakaknya, dia juga masuk ke dalam manajemen Samsung, yang ditafsirkan sebagai langkah Lee Kun-hee untuk mentransfer kekuasaan kepada anak-anaknya.

Kini, Lee Jae-yong memiliki dua anak, Lee Boo-jin memiliki seorang putra, dan Lee Seo-hyun memiliki empat anak.

Lee Jae-yong dipaksa untuk meminta maaf pada 2013 setelah anaknya masuk ke sekolah tingkat tinggi. Media menyebutkan, anak Lee Jae-yong itu mengaku dengan perlakuan istimewa. Akhirnya, anak Lee Jae-yong meninggalkan sekolah.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini