nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samsung yang Terancam Luar Dalam

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 06:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 05 213 1244239 samsung-yang-terancam-luar-dalam-JDTtWPxlO6.jpg (Foto: Businessinsider)

JAKARTA - Bos Samsung Lee Kun-hee terkenda serangan jantung pada Mei 2014. Hal ini membuat anaknya, Lee Jae-yong mengambil alih kekuasaan terbesar di Samsung.

Samsung pun menghadapi tekanan dari pemerintah untuk menekan struktur korporasi perusahaan tersebut yang telah menjadi konglomerasi.

Spekulasi pun merebak, Samsung disebut-sebut bakal kembali tercerai berai seperti yang pernah terjadi pada 1991 dan 1997. Demikian dilansir dari Business Insider.

Dan kini, rencana suksesi halus Lee Kun-hee menghadapi ancaman dari luar juga, yakni dari Paul Singer.

Paul Singer merupakan investor activist sekaligus CEO dari Elliot Manajemen Corp. Dia telah membeli 7,1 persen saham dari Samsung C&T, perusahaan konstruksi milik konglomerasi tersebut, dan menjadi pemegang saham terbesar ketiga di perusahaan tersebut.

Masalahnya, Cheil Industries merencanakan untuk mengakuisisi Samsung C&T, tapi Paul Singer tampaknya berencana menggagalkan wacana tersebut.

Singer menyatakan, nilai Cheil Industries yang diajukan sebesar USD9,4 miliar adalah undervalue, sehingga merger akan menjadi tidak adil untuk investor.

Bagi Keluarga Lee, langkah Paul Singer adalah gangguan besar. Merger akan membantu konglomerasi tersebut menangani 70 perusahaan yang tergabung, dengan kepemilikan 2 persen di tiap-tiap perusahaan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini