nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

APBN Telat Cair, Likuditas Perbankan Tercekik

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 05 November 2015 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 05 457 1244095 apbn-telat-cair-likuditas-perbankan-tercekik-mLf8Md1CVI.jpg Ilustrasi APBN. (Foto: Depkeu)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai sektor-sektor perbankan akan semakin membaik pada tahun depan bila Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 cepat dikucurkan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan, likuiditas sektor perbankan sebetulnya saat ini sudah membaik, namun belum mencapai level yang diinginkan. Menurutnya, likuiditas perbankan akan mencapai level terbaik jika APBN yang dikucurkan cepat dan besar.

"Belum terlalu seperti dulu ketika terutama APBN besar," ucapnya dalam seminar Tantangan dan Peluang Investasi di Pasar Modal Pada Era Turbulensi Ekonomi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Dia melanjutka, jika dilihat dari uang beredar, masih banyak yang berada di bawah titik pasokan uang. Oleh sebab itu, untuk mencapai titik puncak pasokan uang, maka pemerintah harus segera mengucurkan APBN agar proyek-proyek pemerintah berjalan dan otomatis akan membuat proyek-proyek pemerintah menggunakan fasilitas kredit perbankan.

"Terbukti dari uang beredar, pasti di bawah titik suplai. Puncak yang terjadi karena APBN masih belum terpakai. Dengan demikian perbankan melakukan kesulitan intermediasi," jelasnya.

Kendati demikian, dia meyakini likuiditas dan kredit sektor perbankan akan semakin membaik pada tahun depan. "Tahun depan, kalau APBN bisa cepat, saya yakin likuiditas membaik dan kredit juga membaik," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini