nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Harus Mentraktir dan Ditraktir? Simak Lima Hal ini

Agregasi Sabtu 07 November 2015 05:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 06 457 1244720 kapan-harus-mentraktir-dan-ditraktir-simak-lima-hal-ini-jYFR25vwcM.jpg ilustrasi (Foto: Halomoney)

PALING enak rasanya punya teman yang murah hati, karena dia akan sering mentraktir makan dan minum, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Namun ditraktir melulu sebenarnya tidak etis karena sesekali Anda juga harus membayar kebaikan hatinya. Yang jelas mentraktir seseorang tidaklah rumit, selama Anda punya niat melakukannya.

Tetapi bagaimana kalau Anda pergi dengan teman yang maunya ditraktir saja? Atau pergi ke acara makan di restoran karena undangan? Atau pergi rapat dengan bos di café? Siapa yang harus mentraktir? Apakah harus BS BS alias bayar sendiri-sendiri?

Nah, berikut lima hal yang harus kamu ketahui sebelum mentraktir dan ditraktir. Silakan disimak:

BS (Bayar Masing-masing)

Kadang kita harus membuat perjanjian terlebih dahulu sebelum mengajak teman makan. Anda harus berterus terang kalau harus membayar makanan masing-masing, atau patungan karena Anda juga dalam kondisi tidak punya uang.

Membuat perjanjian sebelumnya akan membuat mereka tidak mengharap traktiran dari Anda dan siapa tahu mereka malah mau mentraktir Anda?

Undangan Resmi

Kalau Anda diundang secara resmi berarti Anda tak perlu kuatir dengan masalah tagihan setelah makan. Yang pasti pihak yang mengajak atau mengundang dalam suasana hepi atau bermaksud membagi kebahagian dengan cara. menanggung semua biaya makan Anda.

Seringkali banyak tamu undangan yang membawa buah tangan saat diundang. Buah tangan ini bisa berupa kue atau buah sebagai tanda terima kasih.

Baca juga: 6 Hal Penting Dalam Mempersiapkan Pernikahan di Indonesia!

Undangan yang Berhubungan dengan Kerja

Yang pasti Anda wajib menanggung biaya makan klien bila kebetulan Anda mengundangnya untuk datang ke sebuah tempat untuk berdiskusi tentang pekerjaan. Biasanya kantor akan me-reimburse uang yang Anda keluarkan karena itu termasuk biaya operasional kantor.

Begitu pula dengan kebalikannya, bila Anda yang diajak oleh klien yang kebetulan membutuhkan jasa Anda, sudah tentu klien Andalah yang menanggung semua biaya tersebut.

Saling Mentraktir

Ada kalanya Anda bisa saling mentraktir dengan cara memesan menu makanan berbeda dan menikmatinya bersama. Cara ini hampir sama sih dengan patungan tetapi lebih elegan. Anda dan teman bisa mendapatkan menu yang beragam tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Bila Kencan

Ini akan jadi pertanyaan yang menarik. Siapa yang harus mentraktir? Apa si prianya? Atau wanitanya?

Di jaman yang posisi wanita dan laki-laki setara, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk ditraktir dan mentraktir. Jangan sampai hanya satu pihak saja yang terus-terusan mengeluarkan uang.

Bisa jadi Anda dan pasangan kencan membayar makanan masing-masing. Terutama bila belum ada rencana berhubungan lebih serius lagi.

Kalau Anda berencana mentraktir, maka disarankan membawa dana lebih atau kartu kredit. Uang dan kartu kredit ini akan menyelamatkan Anda dari hal-hal tidak terduga. Selain itu banyak kok diskon khusus untuk dining atau makanan tambahan dari kartu kredit yang bisa Anda gunakan.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh:

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini