Mau Hidup Tenang dengan Penghasilan Pas? Ikuti Lima Tips Ini

Agregasi Senin 09 November 2015 05:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 06 457 1244765 mau-hidup-tenang-dengan-penghasilan-pas-ikuti-lima-tips-ini-mokFakdudu.jpg ilustrasi (Foto: Halomoney)


JIKA Anda mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP) atau lebih dari itu maka Anda sangat beruntung karena selain bisa memenuhi kebutuhan pokok, juga bisa membiayai kebutuhan lainnya, seperti bersenang-senang, jalan-jalan atau menabung.

Sayangnya tidak semua orang seberuntung Anda. Bahkan, banyak orang yang penghasilannya di bawah atau jauh di bawah UMP. Penghasilannya bisa dikatakan pas-pasan untuk memenuhi kebutuhannya dan jarang bisa untuk bersenang-senang.

Tapi memiliki penghasilan besar belum tentu bahagia, dan memiliki penghasilan mini belum tentu menderita. Meski begitu, berikut ini lima tips agar hidup Anda tenang meski bergaji pas-pasan:

1. Hidup sederhana

Dengan penghasilan pas-pasan, menjauhlah dari kehidupan hura-hura, yang akan membuat uang Anda bakal habis sia-sia. Kehidupan yang sebaiknya Anda jalani adalah yang sederhana, tidak berlebihan dan hemat.

Belilah barang karena manfaat dan fungsinya, bukan karena mereknya. Biasanya barang dengan merek paling ngetop, harganya jauh lebih mahal.

Selain itu, utamakan penghasilan Anda untuk membeli kebutuhan primer, terutama makanan dan singkirkan keinginan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Dengan menerapkan hidup sederhana, Anda akan lebih tenang meski penghasilan pas-pasan.

2. Hilangkan perasaan iri dan utang

Hilangkan perasaan iri, baik itu iri karena penampilan atau barang yang dimiliki orang lain. Pasalnya, jika Anda memiliki sifat ini akan menyusahkan diri sendiri karena jadi ikut-ikutan ingin memiliki barang tersebut. Padahal Anda sadar bahwa gaji Anda pas-pasan.

Sebagai contoh, tetangga Anda baru saja membeli kalung emas dan Anda tidak ingin kalah darinya, sehingga meski uang pas-pasan, Anda akan berusaha membelinya dengan cara apapun, misalnya berutang.

Utang justru akan membuat kondisi keuangan makin berantakan. Hidup dengan beban utang akan membuat hidup menjadi tak tenang.

Baca juga: 6 Hal Penting Dalam Mempersiapkan Pernikahan di Indonesia!

3. Kontrol pengeluaran

Sepatutnya Anda membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran untuk mengontrol belanja tiap bulannya agar tidak melebihi pemasukan.

Dengan membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran, Anda akan terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu dan berlebihan. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang karena mengetahui keuangan Anda aman dan terkontrol.

4. Menabung atau investasi

Meski gaji pas-pasan, bukan berarti Anda tak bisa menabung atau inevstasi, bukan? Cobalah sisihkan sedikit demi sedikit uang Anda untuk ditabungkan atau investasi.

Dengan rutin dan tekun mengumpulkan uang untuk ditabung akan membuat Anda lebih tenang karena memiliki dana simpanan atau cadangan jika sewaktu-waktu membutuhkan. Bahkan, bisa jadi tabungan Anda lebih besar dibanding orang yang bergaji besar.

Selain menabung, Anda juga bisa investasi kecil-kecilan. Misalnya, membeli emas dengan harga murah di PT Pegadaian, yang bisa dimulai Rp5.000-Rp10.000 ekuivalen dengan emas sebesar 0,001 gram.

5. Bersyukur

Jika Anda ingin merasa bahagia dan tenang, maka bersykurlah terhadap semua yang Anda dapatkan meski kecil sekalipun.

Memang bersyukur itu kadang sulit dilakukan, apalagi jika ada biaya tambahan, sementara gaji tak bisa mencukupinya. Tapi dibanding Anda makin terbebani dan stres memikirkan kesulitan hidup, jauh lebih baik Anda bersyukur.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh:

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini