Share

Indocement Anggarkan Belanja Modal Rp2 Triliun

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 09 November 2015 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 09 278 1246340 indocement-anggarkan-belanja-modal-rp2-triliun-mhXI8skokY.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) akan menahan ekspansinya di tahun depan. Pasalnya anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun depan menurun dibandingkan tahun ini.

Direktur Keuangan INTP Tju Lie Sukanto mengungkapkan tahun depan perseroan hanya menyiapkan capex sebesar Rp2 triliun. Nilai tersebut turun dibandingkan capex tahun ini yang diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp3-Rp3,5 triliun.

Tju mengatakan, penurunan capex tersebut lantaran perseroan sudah tidak memerlukan dana yang besar untuk menggarap proyek. Pasalnya proyek pembangunan pabrik P14 di Citereup sudah tidak memerlukan pembiayaan lagi.

"Tapi dana itu bisa digunakan untuk proyek improve semen dan packing plant. Kemudian untuk pabrik P14 (Citereup) ada sedikit," tuturnya dalam public expose di acara Investor Summit and Capital Market Expo (ISCME) di BEI, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Dana capex tahun depan tersebut diakui Tju didapat melalui, melalui kas internal perseroan. Diakuinya perseroan tidak akan melakukan pinjaman untuk membiayai capex tahun depan.

Sementara untuk capex tahun ini telah terpakai sebesar Rp2,1 triliun. "Capex kita kurangi di bisnis noninti. Kalau bisnis inti tidak boleh potong. Tahun ini Rp3-3,5 triliun. Penyerapan Rp2,1 triliun di September. Saya optimis akan habis tahun ini," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini