Sofyan Djalil: Menteri Favorit Saya Ibu Susi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 10 November 2015 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 10 320 1246720 sofyan-djalil-menteri-favorit-saya-ibu-susi-PtgpNX9kmU.jpg Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menjadikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai menteri favoritnya dalam kabinet kerja Jokowi-JK. Menurut Sofyan, Susi adalah sosok yang kreatif, walaupun hanya tamatan SMP.

"Menteri favorit saya adalah ibu Susi. Tidak tamat SMA, saya bilang bu 'ibu bisa menjadi kreatif sekali ini karena ibu enggak berpendidikan tinggi, kalau ibu berpendidikan tinggi, enggak sekreatif ini barangkali'," cerita Sofyan di kantornya, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Menurut Sofyan, hasil statistik BPS menunjukkan orang Indonesia semakin berpendidikan tinggi, semakin independen. Namun hasil tersebut tidak selalu benar.

"Semakin tinggi pendidikan, semakin independen. Independen pada siapa?" kata Sofyan.

"Itu sekolah pendidikan yang keliru. Entrepreneur kita, semakin pendidikan rendah semakin berani menjadi entrepreneur," sambungnya.

Untuk itu, Sofyan meminta masyarakat Indonesia, terutama golongan anak muda agar menanamkan jiwa kreatif. Lantaran, kreatif akan selalu ada menjadi industrialisasi, advancement serta kreatif distruction.

"Dengan kemajuan informasi teknologi (IT) kita enggak bisa bayangkan, penetrasi IT akan me-replace umat manusia. Kita perlu orang kreatif bisa diproduksi dari pendidikan berkualitas. Jangan hanya duduk manis, berpangku tangan enggak bisa challenge anak-anak kreatif," paparnya.

Menurut Sofyan, kualitas pendidikan sangatlah penting karena mengantarkan menjadi elevated social.

"Seandainya saya enggak sekolah, saya enggak bisa di sini. Enggak ke Jakarta, tapi alhamdulilah pendidikan dasar memberi spirit luar biasa. Dengan pendidikan saya aktif, kualitas pendidikan jadi penting," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini