Airbus Superjumbo Ini Diincar Dua Maskapai Tersohor di Dunia

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Rabu 11 November 2015 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 10 320 1246982 airbus-superjumbo-ini-diincar-dua-maskapai-tersohor-di-dunia-TDHyP2RFZ0.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)


JAKARTA – Beberapa perusahaan penerbangan kini telah berlomba-lomba untuk membeli armada pesawat terbaru yang diperkirakan akan segera diproduksi oleh Airbus SAS, bernama A380neo. Armada ini akan berukuran superjumbo atau lebih besar dari armada A380.

CEO Qatar Airways, Akbar Al Baker mengatakan, maskapainya akan mempertimbangkan untuk membeli A380neo yang merupakan upgrade atau mesin baru jet pilihan untuk menggantikan armada A380 tersebut.

"Jika Airbus memproduksi sebuah pesawat yang kepala dan sayap pesawat dengan spesifikasinya di atas apa yang mereka hasilkan hari ini (A380), maka kami akan minat untuk membelinya," kata Akbar Al Baker ketika ditanya tentang ketertarikan pihaknya terhadap armada A380neo, seperti dilansir dari Business Insider.

Menurutnya, pesawat atau armada baru harus tampil lebih baik, baik dari segi kisaran, kapasitas dan membakar bahan bakar. Pasalnya, hal itu akan menjadi ketertarikan sendiri bagi perusahaan penerbangan untuk membelinya.

Akan tetapi, pihak Airbus belum mengumumkan keputusan resmi apakah benar akan memproduksi A380neo tersebut, yang rencananya bila jadi diproduksi akan lebih menyasar kepada pangsa pasar perusahaan penerbangan di Timur Tengah.

Qatar Airways merupakan salah satu perusahaan penerbangan utama yang ada di Timur Tengah, nomor dua setelah perusahaan penerbangan yang berbasis di Dubai yakni Emirates. Kedua perusahaan penerbangan terbesar di dunia tersebut secara terbuka menyatakan minat mereka dalam varian upgrade dari armada A380 tersebut.

Baru-baru ini, Qatar hanya mengoperasikan setengah lusin armada A380 dari segenggam pesanan yang telah dipesan. Akan tetapi, perusahaan penerbangan ini mempunyai pelanggan utama Airbus dengan lebih dari 100 pesanan yang luar biasa untuk seri A320 dan armada A350 sebagai penerbangan keluarga.

Sementara itu, pada awal tahun ini, CEO Emirates, Sir Tim Clark menyatakan, maskapainya bisa memesan sebanyak 200 buah armada A380neo, dengan nilai yang diperkiakan akan mencapai lebih dari USD86 miliar dengan harga katalog.

Selama akhir pekan dalam perhelatan Dubai Air Show, Clark seolah mengatakan armada A380neo siap untuk diterbangkan.

Emirates sejauh ini merupakan pelanggan terbesar superjumbo hampir sebanyak 70 buah armada. Dari total sebanyak 317 armada A380 yang telah dipesan, sekitar 140 buah armada telah tiba di perusahaan yang berbasis di Dubai ini.

Sekedar informasi, "Neo" adalah sebutan Airbus dalam memberikan model pesawat yang telah memiliki mesin dan aerodinamika yang telah mereka tingkatkan (upgrade).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini