nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bersihkan Kaca Saat Matahari Tak Terik, Kenapa?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Sabtu 14 November 2015 06:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 13 470 1248983 bersihkan-kaca-saat-matahari-tak-terik-kenapa-VhQuqEwEBb.jpg Ilustrasi Jendela. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ternyata pemilihan waktu membersihkan kaca tidak bisa disepelekan. Ada waktu tertentu agar kaca bisa bersih secara maksimal.

Pergantian cuaca dari musim panas berkepanjangan kepada musim hujan, dapat membuat kaca bernoda penuh dengan bercak. Tampias air hujan dan kemudian diterjang panas terik membuat kaca bisa tampak kotor.

Kelembapan udara yang tertangkap kaca jendela membuat debu dan kotoran mudah menempel menyebabkan kaca menjadi tampak buram atau kusam. Bahan pembersih kaca yang dipakai dengan alat pembersih kaca jendela yang tepat akan mengembalikan kejernihan kaca jendela rumah Anda.

Namun, pilihlah waktu membersihkan kaca jendela ketika matahari tidak bersinar terlalu terik. Sebab, sinar matahari langsung pada kaca menyilaukan mata Anda dan membuat cairan pembersih cepat kering meninggalkan noda.

Berikut ini panduan membersihkan kaca seperti dikutip cleanpedia.

Alat-alat untuk Membersihkan Kaca Jendela:

- Ember berisi air bersih

- Pembersih jendela dengan pisau karet

- Cairan pembersih kaca atau deterjen yang sesuai dan tidak meninggalkan residu pada kaca

- Spons cuci piring untuk menggosok noda membandel

- Kain lap bersih

Cara membersihkan kaca jendela

- Jika menggunakan cairan pembersih, baca aturan pakai pada kemasan produk

- Hindari semprotan pembersih kaca tepercik mengenai mata

- Hindari pemakaian benda tajam untuk mengerik kotoran yang menempel agar tidak menggores kaca. 

Cara Membersihkan Kaca Rumah

Mulai dengan membersihkan sisi kaca jendela yang berada di dalam rumah. Sisi luar kaca biasanya lebih kotor sehingga bisa ditangani kemudian.

Letakkan lap di bawah jendela untuk menangkap tetesan sisa-sisa membersihkan kaca agar tidak mengotori lantai.

Baca aturan pakai pada kemasan produk pembersih yang Anda pilih. Jika memilih deterjen, pastikan deterjen tersebut sesuai untuk kaca.

Jika produk yang Anda pilih tidak berbentuk semprotan, tuangkan cairan tersebut ke dalam ember berisi air dengan takaran sesuai petunjuk. Aduk hingga berbuih.

Celupkan spons ke dalam larutan, peras, dan langsung gunakan untuk menyeka kaca.

Jika bahan pembersih kaca yang Anda pilih berbentuk semprotan, langsung semprotkan ke kaca, lalu usap dengan spons. Hati-hati ketika menyemprotkan cairan tersebut agar tidak mengenai mata Anda. Jaga jarak semprot sesuai petunjuk pada kemasan produk.

Seka seluruh permukaan kaca, termasuk pojok-pojoknya.

Gunakan alat pembersih kaca jendela dengan pisau karet untuk menurunkan cairan berlebih pada kaca. Posisikan pisau karet vertikal rapat pada kaca, lalu gerakkan dengan arah horizontal atau menyamping. Usap pisau karet dengan kain lap untuk menghilangkan kotoran dan air kotor setiap kali Anda menyelesaikan satu gerakan menyamping.

Gunakan kain lap bersih untuk menyingkirkan sisa-sisa cairan dan buih dari kaca.

Lakukan langkah-langkah di atas pada sisi luar kaca jendela.

Yang tidak kalah penting adalah menjaga keselamatan ketika membersihkan jendela

Jika Anda menanjak sesuatu untuk meraih kaca yang lebih tinggi, berhati-hatilah agar Anda tidak kehilangan keseimbangan. Lebih baik Anda meminta bantuan orang lain untuk memegangi panjatan Anda. Lakukan jauh dari pandangan anak kecil agar tidak ditiru.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini