nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Kesalahan Fatal saat Mengecat Eksterior Rumah

Agregasi Sabtu 28 November 2015 12:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 27 470 1257158 lima-kesalahan-fatal-saat-mengecat-eksterior-rumah-ltscu6omjA.jpeg Kesalahan fatal saat mengecat eksterior rumah (Ilustrasi: Shutterstock)

JIKA Anda berencana mengecat dinding eksterior rumah baru, hal yang perlu dipertimbangkan tidak hanya mencakup pemilihan warna netral saja. Meski terlihat simple, namun nyatanya Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, salah sedikit saja akan berakibat fatal. Untuk itu, simak artikel menarik yang dikutip dari Balkonie.com berikut ini.

Tidak Menetapkan Skema Warna

Skema warna yang baik tidak hanya berlaku pada interior, namun juga pada eksterior rumah. Sebelum menetapkan pilihan Anda, ada baiknya bila terlebih dahulu mencari inspirasi warna eksterior rumah melalui website dan media cetak lainnya. Hal ini dirasa penting bila mengingat banyaknya jenis warna yang dapat dipilih, atau saat Anda memutuskan untuk mengkombinasikan dua warna cat dinding sekaligus. Selain itu, bagian-bagian yang perlu diperhatikan adalah warna utama dari rumah Anda, warna untuk lis rumah Anda, dan warna untuk panel jendela.

Tidak Melakukan Tes pada Warna Cat

Ingat! warna cat eksterior sama pentingnya dengan warna cat interior. Untuk itu lakukanlah tes warna cat yang diinginkan, agar terhindar dari kesalahan pembelian dan pemborosan bujet. Selain itu, warna cat akan tampak berbeda di toko dengan di rumah Anda. Hal ini dikarenakan tata cahaya yang berbeda di kedua ruangan tersebut. Maka dari itu, pilih dan tes warna secara seksama, dan Anda pun akan puas dengan hasilnya.

Tidak Mementingkan Tetangga Anda

Mementingkan tetangga disini bukan berarti Anda harus memilih warna favorit mereka sebagai warna rumah Anda. Melainkan Anda harus menyelaraskan tema warna cat dinding, yang digunakan oleh sebagian besar tetangga Anda. Jangan memilih warna cat rumah yang terlalu kontras dengan rumah lainnya, karena hal ini dapat memberikan aliran yang beda dan tidak sedap dipandang. Selain itu, warna rumah yang tidak kontras juga dapat meninggikan harga rumah jika Anda berencana untuk menjualnya.

Tidak Memikirkan Lanskap

Lanskap, atau tata taman, juga merupakan hal penting yang tidak seharusnya Anda lupakan dalam mengecat eksterior rumah. Jika taman depan di rumah Anda memiliki kombinasi warna hijau-kuning, maka menggunakan cat berwarna hijau kebiruan akan membuat rumah Anda terlihat pucat. Dalam melakukan ini, sebaiknya Anda mencari tahu tentang kombinasi warna yang pas. Jika Anda menggunakan jasa ahli lanskap atau desainer, konsultasilah dengan mereka.

Melupakan Tentang Pintu Depan

Apakah Anda tahu bahwa pintu depan adalah permata pada eksterior rumah? Ya, warna dari pintu depan juga mempengaruhi rumah Anda secara keseluruhan. Selain itu, mencocokkan warna rumah dengan pintu depan juga dapat meninggikan harga rumah serta meningkatkan gaya arsitektur rumah Anda.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini